Benteng Vredeburg Targetkan 1.000 Pengunjung Per Hari - Kompas.com

Benteng Vredeburg Targetkan 1.000 Pengunjung Per Hari

Kompas.com - 15/12/2012, 06:05 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menargetkan jumlah pengunjung pada libur Natal dan Tahun Baru nanti mencapai 1.000 orang per hari, atau meningkat 50 persen dari tahun lalu.

"Jika tahun lalu pengunjung hanya mencapai 500 hingga 600 orang per hari, pada libur Natal dan Tahun Baru nanti optimistis mencapai 1.000 orang per hari," kata staf Bagian Tata Naskah Museum Benteng Vredeburg, Asroni di Yogyakarta, Jumat (14/12/2012).

Menurut Asroni, peningkatan jumlah pengunjung akan dapat  diwujudkan karena di museum ini telah dilakukan beberapa revitalisasi dan penambahan sarana serta prasarananya.

Revitalisasi yang telah dilakukan di antaranya penataan kembali tata pameran di ruang diorama, yaitu dilengkapi perangkat digital berupa layar sentuh berisi alur cerita di setiap diorama. Selain itu beberapa pekan lalu telah diselesaikan pembuatan "Jagangan" yakni berupa selokan di depan museum yang disesuaikan dengan kondisi awal Benteng Vredeburg dibangun.

"Dengan adanya penambahan Jagangan yang menggambarkan kondisi asli benteng, serta revitalisasi beberapa diorama, diharapkan akan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan," katanya.

Memprediksi terjadinya lonjakan jumlah pengunjung pada hari libur Natal dan Tahun Baru nanti, lanjut Asroni, maka total pengunjung selama 2012 hingga akhir Desember melampaui target tahunan. Target pada 2012 sebanyak 200.000 pengunjung, sementara hingga November 2012 telah tercatat sebanyak 212.935 pengunjung.

"Sehingga pada akhir tahun ini sudah pasti akan jauh melampaui target tahunan, karena masih ada tambahan pengunjung pada libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Jumlah pengunjung tahun ini, tambah Asroni, meningkat dari total pada 2011 yang hanya 187.385 orang, yang terdiri atas wisatawan nusantara dan mancanegara.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorI Made Asdhiana

    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM