Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APEC Dorong Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 15/12/2012, 13:02 WIB
Cokorda Yudhistira

Penulis

KUTA, KOMPAS.com — Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 yang akan digelar di Bali. Penyelenggaraan APEC dinilai akan membawa dampak positif bagi Indonesia, antara lain meningkatnya kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim mengatakan, penyelenggaraan APEC 2013 di Bali diharapkan akan mendorong jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dan Indonesia.

"Selain APEC, tahun depan juga akan ada kegiatan internasional lainnya di Bali," kata Firmansyah di sela-sela pelaksanaan gerakan kebersihan "Bali Bersih Menuju APEC 2013" di Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (15/12/2012).

Firmansyah menyebutkan, target kunjungan wisatawan ke Indonesia pada 2013 ditetapkan sebanyak 9 juta orang. Jumlah itu bertambah dari target kunjungan wisatawan pada 2012 yang sebanyak 8 juta orang. "Dengan adanya APEC, akan terdorong (kunjungan wisatawan)," ujar Firmansyah.

Adapun penyelenggaraan APEC 2013 rencananya digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, pada bulan Oktober.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com