Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Tingkatkan Pengembangan Desa Wisata

Kompas.com - 16/12/2012, 08:14 WIB

BANGLI, KOMPAS.com - Bali tidak hanya mengandalkan wisata pantai, namun juga meningkatkan pengembangan desa wisata untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tekad itu disampaikan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim saat meresmikan Desa Penglipuran sebagai desa wisata di Bangli, Sabtu (15/12/2012).

Menurut Firmansyah, setelah peresmian Desa Penglipuran sebagai desa wisata, kini sedangkan dipersiakan beberapa desa lainnya di Bali. Setidaknya masih ada tujuh desa lainnya.

Hal itu sebagai upaya pemerintah menarik kunjungan wisatawan mancanegara ke Bangli yang ditargetkan 1,5 juta orang pada tahun depan. Begitu juga target wisatawan ke Bali juga akan ditingkatkan.

"Desa wisata ini berkembang karena adanya keinginan yang sangat kuat dari masyarakat untuk melestarikan adat istiadat. Hal itu menarik bagi wisatawan asing," katanya.

Bupati Bangli I Made Gianyar menyatakan, pihaknya siap mendukung pengembangan wisata berbasis masyarakat. Namun dia berharap pemerintah pusat juga memberi dukungan untuk pembangunan infrastrutur. Menurut Gianyar, infrastruktur yang sangat dibutuhkan adalah jalan.

Penglipuran telah berkembang menjadi desa wisata sejak 1993. Desa Penglipuran kini terus bergeliat dengan semakin menjamurnya homestay.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com