Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Widiana: Wisata Olahraga Laut Meningkat Pesat

Kompas.com - 21/12/2012, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung wisata olahraga laut naik sebesar 200 persen menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2013 dibandingkan hari-hari sebelumnya. "Peningkatannya luar biasa mendekati natal tahun ini, hampir mendekati 200 persen," kata pengusaha wisata laut, I Made Mandi Widiana pada seminar nasional "Regulasi dan Peluang Sport Tourism untuk Mengoptimalkan Wisata Daerah" di Wisma Antara, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Widiana menyebutkan menjelang Natal, jumlahnya bisa mencapai 400 pengunjung  per hari dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya yang hanya mencapai 50 pengunjung per hari.

Menurutnya, kenaikan tersebut didorong oleh promosi melalui internet dan jejaring sosial. "Pengaruhnya sangat besar sekali, kita melayani mereka melalui jejaring sambil mengobrol dan bercanda," katanya.

Dia mengatakan promosi melalui jejaring sosial tersebut telah dilakukan selama tiga tahun. "Seringkali, dari media juga mengabadikan wisata olahraga laut ini dalam film dan lainnya, sehingga kami terbantu," katanya.

Widiana memaparkan, sebagian besar pengunjung didominasi wisatawan nusantara (wisnus) hingga mencapai 75 persen dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman) yang hanya mencapai 25 persen. "Wisnus itu tidak banyak tawar-menawar, jadi kami nyaman memberikan pelayanan. Sementara wisatawan mancanegara banyak permintaannya," katanya.

Sebagian besar wisnus datang dari Jakarta, Bandung dan Surabaya, sementara wisman sebagian besar dari Jepang, China dan Jerman. "Dulu kami banyak melayani wisman dari Australia, namun jumlahnya sekarang turun secara signifikan," katanya.

Meski demikian, Widiana mengaku minimnya infrastruktur merupakan kendala utama dalam usahanya tersebut. "Akses jalan menuju ke tempat ini sempit, sementara yang datang bus-bus besar," katanya.

Widiana juga menyebutkan keamanan merupakan tantangan dalam menjalani usahanya tersebut. "Usaha olahraga laut ini sangat bergantung pada alam, karena itu akan terhalang jika ada angin kencang. Tapi, para pengunjung sudah dilindungi asuransi keselamatan," katanya.

Dia menambahkan, olahraga laut yang disediakan meliputi parasailing, jet ski, menyelam (diving), snorkeling, ski air dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com