Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Antusias Saksikan Pesta Danau Toba

Kompas.com - 30/12/2012, 13:44 WIB

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Para wisatawan antusias menyaksikan pertunjukan budaya dan perlombaan olah raga yang digelar dalam rangka menyemarakkan Pesta Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (30/12/2012).

Ratusan wisatawan sejak pukul 09.00 WIB terlihat berkumpul di sekitar panggung terbuka Pagoda Parapat untuk menyaksikan langsung atraksi tari-tarian khas daerah dari tujuh kabupaten yang berada di sekitar kawasan Danau Toba.

"Jumlah wisatawan yang menyaksikan berbagai atraksi budaya dan olah raga dalam rangka Pesta Danau Toba hari ini lebih banyak jika dibanding kemarin," kata Johanes Simbolon, pemandu wisata di kota turis Parapat.

Namun, menurut Simbolon, sebagian besar wisatawan yang memadati arena pertunjukan Pesta Danau Toba tersebut masih didominasi wisatawan domestik yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut).

Simbolon mengatakan, kegiatan pariwisata tahunan seyogianya tidak hanya dominan disaksikan wisatawan domestik, tetapi juga turis mancanegara.

Untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan asing pada saat penyelenggaraan Pesta Danau Toba, lanjut Simbolon, pemerintah perlu lebih awal secara gencar mempromosikan kegiatan pariwisata ke sejumlah negara.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho saat membuka Pesta Danau Toba 2012 pada 28 Desember, berharap agenda pariwisata tersebut turut berperan menjadikan Danau Toba sebagai ikon pariwisata Global Geopark Network (GGN) yang telah diusulkan ke UNESCO.

Keajaiban wisata alam danau terbesar di Asia Tenggara yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tersebut juga diharapkan turut berperan menyukseskan program Wonderful Indonesia.

Gatot optimistis hal itu akan menjadikan kawasan Danau Toba semakin banyak dikunjungi wisatawan, termasuk turis mancanegara. Peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Danau Toba, menurut Gatot, dipastikan akan berdampak positif bagi masyarakat dan sektor usaha jasa pariwisata di wilayah itu.

Oleh karena itu, Pemprov Sumut akan terus mendorong tujuh pemerintah kabupaten (Pemkab) yang wilayahnya berada di sekitar Danau Toba agar lebih berperan aktif menyukseskan Pesta Danau Toba. Ketujuh kabupaten tersebut adalah Simalungun, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, Dairi, dan Karo.

Pesta Danau Toba tahun ini yang berlangsung hingga 31 Desember diselenggarakan Pemkab Simalungun. Sedangkan Pesta Danau Toba 2013 direncanakan digelar sekitar Juni atau Juli dengan tuan rumah Pemkab Samosir.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com