Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Bulan, 12 Destinasi di Tahun 2012

Kompas.com - 31/12/2012, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2012, Kompas.com sudah mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Ada banyak cerita dan pengalaman menarik yang dijumpai saat mengangkat suatu destinasi wisata.

Banyak kabupaten maupun kota memiliki obyek wisata yang siap "jual". Namun tak sedikit pula yang masih sebatas potensi, bukan produk wisata. Kendala akses dan infrastruktur kerap ditemui. Belum lagi sumber daya manusia di bidang pariwisata yang belum mumpuni.

Hanya saja, tak pernah bisa dipungkuri, walau sering didengung-dengungkan, Indonesia begitu indah dengan segala pesonanya. Alam, budaya, orang, semua melebur jadi satu.

Berikut rangkuman beberapa destinasi di Indonesia yang pernah Kompas.com liput. Sebenarnya, ada lebih dari 12 destinasi, tetapi sengaja dipilih satu bulan satu destinasi, agar bisa menjadi referensi Anda untuk merencanakan perjalanan di tahun 2013.

Januari di Manado. Mengawali tahun, Kompas.com berkesempatan meliput Asean Tourism Forum (ATF) yang dihelat di Manado, Sulawesi Utara. Setelah 10 tahun, Indonesia kembali menjadi tuan rumah ATF.

Manado sebagai salah satu kota MICE yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkesempatan menjadi tempat pelaksanaannya. Ada banyak catatan penting mengenai kesiapan Manado sebagai penyelenggaraan MICE tingkat internasional.

Akses menuju Manado yang belum memadai karena pada saat itu tidak ada penerbangan langsung kecuali dari Singapura. Sampai urusan armada taksi yang sedikit untuk bisa melayani jumlah peserta yang banyak, belum lagi sumber daya manusia yang belum siap.

Namun, di luar itu semua, Manado memberikan kesan tersendiri jika berbicara sebagai destinasi wisata. Kuliner serba ikan yang khas sampai Bunaken yang tersohor dengan panorama bawah lautnya.


DANAU LINOW
Danau Linow di Tomohon, Sulawesi Utara. (Foto: KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.)

Manado juga dikelilingi daerah lainnya yang tak kalah cantik. Hanya sejam untuk merasakan sejuknya Kota Tomohon yang disebut sebagai kota bunga. Pagoda menjulang dengan latar Gunung Lokon, Danau Linow dengan warna-warni berganti nan cantik sampai kuliner ekstrem di Pasar Tomohon.

Februari di Bandung. Hotel-hotel di Bandung tumbuh pesat bak jamur di musim hujan. Setiap hotel menawarkan pengalaman menginap yang mengesankan. Mulai dari hotel ala gothic sampai hotel dengan desain kontemporer.

Persaingan tarif hotel pun tak terhindarkan. Di musim liburan, hotel-hotel di Bandung memang penuh, namun di luar itu, tarif harga pun bersaing ketat. Terlepas dari itu, Bandung selalu menawarkan hal baru bagi wisatawan.

MUSEUM GEOLOGI 22

Replika dinosaurus di Museum Geologi, Bandung. (Foto: KOMPAS IMAGES/Fikria Hidayat)

Mulai dari tempat-tempat kuliner jadul sampai restoran-restoran baru. Belum lagi tempat-tempat wisata, misalnya taman tematik hiburan seperti Trans Studio dan Kampung Gajah, sampai museum-museum yang banyak terdapat di Bandung. Kunjungan ke Bandung tak pernah membosankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com