Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian ke Gunung Rinjani Ditutup 3 Bulan

Kompas.com - 06/01/2013, 11:41 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Jalur pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 meter) di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup sekitar tiga bulan mulai 10 Januari hingga 31 Maret 2013. "Penutupan dilakukan karena musim hujan menyebabkan jalur pendakian licin dan pohon tumbang sehingga membahayakan keselamatan pendaki," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Agus Sudiono di Mataram, Sabtu (5/1/2013).

Agus mengatakan pendakian Gunung Rinjani tersebut ditutup sementara karena intensitas hujan semakin meningkat yang menyebabkan kabut tebal dan jalur pendakian licin.

"Selain untuk keselamatan pendaki, penutupan jalur pendakian Gunung Rinjani juga dimaksudkan untuk pemulihan ekosistem secara alami di taman nasional yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan nusantara itu," kata Agus yang didampingi Kepala Bagian Tata Usaha TNGR, Sulitrianto SSi, MSi.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Selaparang Bandara Internasional Lombok (BIL) curah hujan di TNGR dan sekitarnya sudah meningkat dengan intensitas sedang hingga lebat.

Informasi mengenai penutupan jalur pendakian tersebut telah disampaikan melalui surat ke seluruh instansi terkait termasuk seluruh bupati dan wali kota se-Pulau Lombok, pihak kepolisian dan kepala desa yang ada di wilayah jalur pendakian tersebut.

Terkait dengan pemberlakuan larangan pendakian sementara, pihak TNGR akan melakukan pengawasan baik di jalur pendakian Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara maupun Sembalun, Lombok Timur guna mencegah pada pendaki melakukan pendakian.

Obyek wisata pendakian Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Lombok Utara setelah obyek wisata Gili Trawangan. Obyek wisata itu dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahun terutama wisatawan minat khusus.

Pendakian  ke Gunung Rinjani yang juga terdapat Danau Segara Anak dapat melalui dua jalur resmi yakni jalur pendakian Senaru dengan waktu tempuh 7-10 jam berjalan kaki karena jaraknya kurang lebih delapan kilometer, dan jalur Sembalun dengan waktu tempuh relatif sama yakni 8-10 jam.

Pendaki yang sudah berada di Danau Segara Anak masih membutuhkan waktu 4-5 jam untuk mencapai puncak Gunung Rinjani melalui jalur pendakian yang ditetapkan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com