Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanggupkah Keliling Indonesia dalam 100 Hari?

Kompas.com - 07/01/2013, 17:00 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sanggupkah seseorang mengelilingi Indonesia dalam waktu 100 hari? Pertanyaan tersebut yang berusaha dijawab Ramon Y. Tungka dan tim Kompas TV.

Kompas TV akan menayangkan program terbarunya bertajuk "100 Hari Keliling Indonesia". Program tersebut merupakan program dokumenter yang menggali sisi unik dan humanis seluruh pelosok Indonesia.

Uniknya, selama perjalanan, Ramon Y. Tungka sebagai pemandu acara bersama tim Kompas TV, tidak akan menggunakan moda transportasi pesawat komersial, melainkan berbagai macam transportasi publik darat dan laut untuk dapat menyelesaikan misinya mengelilingi Indonesia. Mereka diberi target untuk mengelilingi Indonesia selama 100 hari.

"Apakah ia sanggup mengelilingi dalam 100 hari? Nanti kita lihat apa mereka sanggup. Walau dari perhitungan kasar itu susah, tapi kita targetkan 100 hari," tutur Manajer Science  & Knowledge Kompas TV, Wahyu Mulyono saat jumpa pers di Jakarta, Senin (7/1/2013).

Ia menuturkan pihaknya sengaja memilih jalur darat dan laut selama penjelajahan Indonesia agar nuansa petualangannya lebih terasa. Tim "100 Hari Keliling Indonesia", lanjutnya, berusaha untuk melihat beragam masalah yang ditemukan saat berada di masing-masing daerah. Salah satunya misalnya mengenai akses antar pulau.

"Ini lintas antar kepulauan di Indonesia. Dari pulau ke satu pulau juga susah, ini yang kita ingin angkat. Tapi, apa sanggup keliling 100 hari? Kita lihat jawabannya nanti setelah ekspedisi," ungkapnya.

Rencananya, Ramon akan memulai perjalanan dari Jakarta, menuju Sumatera, kemudian Kalimantan. Lalu berlanjut ke Sulawesi, Papua, Ambon, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Perjalanan kemudian berakhir di Pulau Jawa, tepatnya kembali di Jakarta.

Di bawah bendera Kompas TV, program "100 hari Keliling Indonesia" berintegrasi dengan media online Kompas.com, Kompasiana, Tribunews.com dan Harian Tribun. Integrasi tersebut untuk menghadirkan cerita di balik perjalanan tim "100 Hari Keliling Indonesia".

Ikuti Catatan Perjalanan Ramon di Kompas.com, Tribunews.com, dan Harian Tribun. Nantikan tayangan perdana "100 Hari Keliling Indonesia" di Kompas TV pada bulan Juni 2013.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com