Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warisan Permainan Tradisional Banyumas

Kompas.com - 11/01/2013, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Sungai, ternyata tak cuma memberi penghidupan bagi manusia yang tinggal di tepiannya. Ia pun mampu memberikan kesenangan permainan kanak-kanak yang menyenangkan.

Di tepi Sungai Serayu yang mengalir di Desa Plana, Banyumas, Somagede, Jawa Tengah, Ramon Y Tungka, host Kampung Main, bermain bersama anak-anak di tepian Sungai Serayu. Mereka belajar bermain Kunclungan, yakni permainan musik yang dilakukan di air tanpa menggunakan alat musik sama sekali. Penasaran kan?

Berhubung Ramon dan teman-teman belum menguasai permainan Kunclungan, pun menemui simbah-simbah alias nenek-nenek, yakni Mbah Marpi, Mbah Warsilah dan Mbah Sati. Mereka tengah sibuk mencuci baju di Sungai Serayu. Namun para nenek ini tak sungkan mengajari Ramon dan teman-teman.
 
Selain bermain Kunclungan, Ramon juga belajar bermain Sripat, yakni melempar batu hingga terpantul-terpantul di atas permukaan air. Siapa yang mampu melempar paling jauh dan paling banyak menghasilkan pantulan, dialah yang menang.

Keceriaan anak-anak Desa Plana makin terlihat saat malam tiba dan anak-anak bermain di halaman rumah mereka. Dulunya, aneka permainan ini biasa dilakukan anak-anak untuk mengisi waktu saat bulan tengah purnama.  Karena pada saat inilah, halaman rumah akan terlihat terang dan dapat digunakan sebagai tempat bermain, meski tak ada penerangan di malam hari.

Serunya, ketiga nenek yang ditemui Ramon di tepian Sungai Serayu, ternyata turut berpartisipasi dalam permainan-permainan ini. Memandu jalannya permainan, ketiga nenek yang sudah renta ini ternyata masih tetap mampu bergerak lincah.
    
Bersama anak-anak dan para simbah, Ramon memainkan aneka warisan permainan tradisional Banyumas. Sebut saja seperti Bedoran, Dut-dut Kiradut, dan Sliring Genting.
    
Ingin tahu lebih banyak bagaimana serunya bermain bersama Ramon di Desa Plana? Simak  "Kampung Main", episode “Warisan Permainan Tradisional Banyumas” yang tayang pada Sabtu (12/1/2013), pukul 10.00 WIB, hanya di Kompas TV. Anda juga bisa menontonnya di www.kompas.tv/live. (KompasTV/Fauziyah)

 

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com