Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Perhotelan Dubai Lirik Wakatobi

Kompas.com - 17/01/2013, 18:01 WIB

KENDARI, KOMPAS.com - Investor asal Dubai, salah satu negara di Timur Tengah, Al-Jumeirah melirik Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, untuk berinvestasi di bidang perhotelan.

Bupati Wakatobi, Hugua, di Kendari, Kamis (17/1/2013), mengatakan pihak manajemen perusahaan perhotelan terbesar di Dubai itu telah meninjau lokasi yang akan dijadikan area pembangunan hotel Al-Jumeirah di Wakatobi tersebut akhir 2012.

"Rencananya investor asal Dubai itu akan membangun hotel bintang lima di Wangiwangi, ibu kota Kabupaten Wakatobi, tidak jauh dari bandara Matahora," katanya.

Selain mendirikan hotel, perusahaan terkemuka di Dubai tersebut juga akan membangun resor yang akan melayani kebutuhan para wisatawan selam (diving) di daerah tujuan wisata dunia itu.

"Kami pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wakatobi memberi dukungan penuh kepada investor asal Timur Tengah itu untuk berinvestasi di Wakatobi," katanya.

Hugua mengatakan, Kabupaten Wakatobi membuka diri bagi setiap investor yang ingin berinvestasi di Wakatobi, kecuali investor yang ingin membangun mal atau pusat berpelanjaan modern tetutup di Wakatobi.

"Kami tidak ingin ada pusat perbelanjaan modern seperti mal di Wakatobi. Kalau masyarakat Wakatobi yang ingin belanja barang-barang mewah, biar pergi ke Kendari, Baubau atau ke Makassar," katanya.

Menurut Hugua, Pemerintah Kabupaten Wakatobi menutup diri bagi investor pembangunan mal karena kehadiran pusat perbelanjaan modern itu dikhawatirkan bisa menggusur pedagang kecil bermodal pas-pasan.

"Kami ingin masyarakat Wakatobi sendiri yang mengembangkan pusat-pusat perbelanjaan tradisional, tidak perlu mal seperti di kota-kota besar," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com