Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekicot Pedas Nan Lezat

Kompas.com - 25/01/2013, 08:33 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Jika orang Indonesia biasa mengonsumsi keong sawah, maka orang Perancis doyan menyantap bekicot. Menu escargot atau bekicot khas Perancis mungkin sudah pernah Anda dengar.

Biasanya escargot disajikan lengkap dengan cangkangnya. Lalu dimasak dengan bawang putih. Tetapi, tak semua orang bisa memakan bekicot langsung dengan cangkangnya. Nah, di restoran “Pastis Kitchen & Bar” yang terletak di Aston at Kuningan Suites, menu bekicot tampil berbeda.

Menu bernama Spicy Escargot tersebut dibuat sebagai sup, cocok sebagai hidangan pembuka. Daging bekicot tanpa cangkang, dimasak dengan pasta tomat. Sensasi menghentak nan pedas hadir dari chili flakes, semacam cabai rawit kering yang dicincang.

Rasanya? Hmm, daging bekicot yang sedikit kenyal namun mudah putus, berpadu dengan rasa asam dari tomat dan pedas dari cabai. Saat masuk mulut begitu menyegarkan dan mulai terasa hangat saat menyentuh kerongkongan.

Pastis terkenal dengan pastanya. Sebab, pasta yang digunakan merupakan buatan sendiri. Nah, salah satu yang bisa dicoba sebagai hidangan utama adalah Spaghetti Vongole. Pasta jenis spaghetti dipadukan dengan vongole atau kerang.

Kerang putih dimasak hingga cangkangnya terbuka, baru kemudian dipadukan dengan spaghetti. Tambahan sentuhan  tomat cherry untuk menambahan rasa segar. Hasilnya adalah spaghetting bertekstur lembut dengan saus sederhana dari kerang dan tomat.

Sebagai hidangan penutup bisa pilih Pannacota yang terbuat dari krim dan susu. Menurut Chef Deni Wardana, ia membuatnya dengan lebih banyak susu yaitu perbandingan tujuh banding tiga antara susu dan krim.

“Sausnya stroberi atau blueberry,” ungkap Deni.

Urusan harga, Anda perlu merogoh kocek Rp 40.000 untuk Spicy Escargot, Rp 65.000 untuk Spaghetti Vangole, dan Rp 50.000 untuk Italian Panna Cotta. Namun, harganya memang sebanding dengan rasa dari menu yang ditawarkan, pun suasana Pastis yang begitu terasa rumahan namun begitu apik.

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com