Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Kawasan Favorit Ke-9 bagi Warga Australia

Kompas.com - 28/01/2013, 14:59 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Walau semakin banyak warga Australia mengunjungi pantai-pantai di Bali, Thailand, dan Fiji, mereka menilai pantai di dalam negeri sebenarnya lebih bagus.

Sebuah survei terbaru menyebutkan bahwa enam dari 10 warga Australia melihat bahwa kawasan wisata pantai, seperti Whitsunday dan Gold Coast, lebih menjadi pilihan dibandingkan kawasan wisata pantai lain di Asia Pasifik, demikian laporan situs new.com.au baru-baru ini.

Turis muda atau pasangan tanpa anak lebih memilih Bali, Thailand, atau Fiji, tetapi keluarga memilih The Whitsundays di Queensland sebagai pantai terbaik untuk liburan. Di kawasan Western Australia, daerah Broome/Exmouth merupakan kawasan pilihan bagi para turis dewasa yang tidak memiliki anak.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya, dengan nilai dollar Australia yang sedang kuat-kuatnya dan juga tersedianya banyak penerbangan murah membuat jumlah turis Australia ke luar negeri mencapai rekor. Untuk menguji apakah destinasi luar negeri lebih baik, Tourism Australia membuat survei membandingkan pantai mana yang lebih baik di dalam Australia dibandingkan Bali, Thailand, dan Fiji.

Enam destinasi utama di dalam Australia adalah Gold Coast, Whitsundays, dan Queensland Utara, pantai Broome/Exmouth (Western Australia), Fleurieu Peninsula/Kangaroo Island (South Australia), dan Freycinet Peninsula (Tasmania).

Direktur pelaksana Tourism Australia Andrew McEvoy mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa tidak benar bahwa warga Australia tidak lagi menyukai berlibur di kawasan pantai dalam negeri. "Survei menunjukkan bahwa Australia masih menawarkan pengalaman liburan pantai paling aman, paling berkualitas, dan paling cantik di dunia," kata McEvoy.

"Kadang saya heran banyak warga yang memilih terbang jauh, menghabiskan waktu di pantai yang kotor, dengan bar yang sibuk, sementara di Australia sendiri banyak pantai yang bersih dan alami," ujar McEvoy.

Menurut McEvoy, selain yang masuk dalam survei, masih ada sejumlah pantai cantik di Australia seperti Cottesloe (Western Australia), Bondi, Manly dan Hyams (NSW), Glenelg (South Australia), dan Coles Bay (Tasmania).

Menurut Tourism Australia, pada 2012, kunjungan turis di dalam negeri naik 4 persen. Sementara jumlah mereka yang bepergian ke luar negeri mencapai lebih dari 8 juta orang.

Dalam survei, dari 1.000 orang yang ditanyai, 35 persen mengatakan mereka akan lebih memilih untuk berlibur di dalam negeri, dibandingkan 24 persen yang mengatakan akan keluar negeri. Tentang apakah berlibur di dalam negeri lebih mahal, 38 persen mengatakan lebih mahal, sementara 32 persen mengatakan berlibur ke luar negeri lebih mahal.

Pantai favorit pilihan warga Australia adalah 1. Broome/Exmouth, Western Australia 2. Pantai Bagian Utara yang beriklim Tropis, North Queensland 3. Whitsundays, Queensland 4. Gold Coast, Queensland 5. Thailand 6. Fiji 7. Freycinet/Wineglass Bay, Tasmania 8. Fleurieu Peninsula/Kangaroo Island, South Australia 9. Bali, Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com