Jumat, 24 Oktober 2014

News / Travel

Tur Keliling Manila Naik Jeepney

Sabtu, 2 Februari 2013 | 10:32 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Jeepney adalah kendaraan khas Filipina. Bentuk jeepney tidak beda jauh dengan jeep-jeep lainnya, hanya mengalami sedikit modifikasi khususnya di bagian kepala dan body.

Di bagian kepala jeep dibuat agak unik biasanya dengan menambahkan beberapa ornamen seperti lampu dan pernak-pernik lainnya. Di bagian badan, jeep ini di cat dengan beraneka warna yang mencolok. Jeepney ini sangat lekat dengan masyarakat Filipina.

Bermula sejak akhir Perang Dunia II pada saat tentara Amerika hendak meninggalkan Filipina, mereka menyerahkan ratusan kendaraan (jeep) yang digunakan untuk kepentingan logistik para tentara. Oleh masyarakat Filipina jeep-jeep tersebut dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, di antaranya sebagai sarana transportasi.

Seperti siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/2/2013), sebagai maskapai penerbangan nasional Filipina, Philippine Airlines membuat paket wisata mengelilingi Manila dengan menggunakan kendaraan khas ini. Penumpang yang berkunjung ke Manila mempunyai kesempatan untuk merasakan sensasi jalan-jalan dengan jeep warna-warni ini.

Mereka akan dijemput dari hotel untuk diantar ke tempat-tempat wisata pilihan yang ada di Manila dan sekitarnya. Ada beberapa jenis-jenis tour yang bisa dipilih berdasarkan minat, misalnya Intramuros Heritage Tour. Dalam tur ini, peserta akan dibawa ke beberapa tempat yang lebih mengarah kepada wisata sejarah Filipina pada masa penjajahan Spanyol.

Ada juga Makati Cultural and Shopping Tour. Makati adalah pusat bisnis terkenal di Manila. Selain menawarkan wisata belanja dengan pilihan merek lokal dan internasional di Greenbelt Mall, jenis tur ini juga mengajak pesertanya melihat hasil karya seni asli Filipina di Ayala Museum.

Ada pula Tagaytay Wellness Tour yang menawarkan wisata alam. Perkebunan, pegunungan, dan danau menjadi daya tarik tur ini. Wisatawan akan diajak meracik salad sendiri dari sayur dan buah-buahan organik di Sonya’s Garden dan juga menikmati pijatan tubuh dengan perawatan spa khas Filipina.

Lalu Corregidor Tour yang mengajak wisatawan berkunjung ke situs markas militer Amerika pada masa Perang Dunia II. Lalu ada Pagsanjan Falls, wisata air terjun dengan menaiki rakit dari bambu menuju sebuah goa yang eksotis.

Kemudian ada juga Hidden Valley Spring. Lalu untuk penggemar wisata kuliner, Philippine Airlines juga menyuguhkan Culinary and Heritage Tour, untuk menikmati berbagai jenis masakan lokal yang lezat seperti Pansit Lucban dan Halo-Halo.

Total tur yang ditawarkan ada 18 (delapan belas) jenis yang bisa dipilih oleh penumpang Philippine Airlines. Jeepney Tour ini disatukan ke dalam paket Swingaround yang diadakan oleh Philippine Airlines sejak Maret 2012.


Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana