Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hongkong Jajaki Penerbangan Langsung ke Lombok

Kompas.com - 05/02/2013, 17:18 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Hongkong menjajaki penerbangan langsung ke Bandara Internasional Lombok sebagai tindak lanjut dari surat resmi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika NTB Ridwan Syah di Mataram, Selasa (5/2/2013), mengatakan bahwa pada Maret 2013, pejabat pariwisata di Hongkong dijadwalkan berkunjung ke Lombok untuk menjajaki kemungkinan penerbangan langsung dari Hongkong ke Lombok dengan menggunakan pesawat Cathay Pacific.

"Dalam kunjungannya ke NTB, pejabat tersebut akan membawa 30 pengusaha biro perjalanan. Ini merupakan respons permintaan dari Pemerintah Provinsi NTB beberapa waktu lalu untuk membuka penerbangan langsung Lombok-Hongkong," katanya.

Ridwan mengatakan, kunjungan pejabat pariwisata Hongkong tersebut untuk menjajaki kemungkinan membuka rute Lombok-Hongkong guna memudahkan para wisatawan berkunjung ke NTB. Namun, ini masih dalam penjajakan sehingga akan dilakukan survei.

Menurut Ridwan, selama ini penerbangan ke Hongkong menggunakan pesawat Cathay Pacific melalui Bandara Juanda, Surabaya. Namun jika penumpangnya banyak dan bisa terbang langsung Lombok-Hongkong, maka tidak perlu lagi melalui Surabaya.

Juru bicara Pemprov NTB, Tri Budiprayitno, sebelumnya mengatakan bahwa rencana kunjungan pejabat tinggi pariwisata Hongkong itu dituangkan dalam surat resmi yang ditandatangani Wakil Direktur Kantor Perdagangan dan Ekonomi Hongkong Joyce Chan yang ditujukan kepada Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.

Rombongan dari Hongkong itu akan dikoordinasikan Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Pemerintah Hongkong Gregory So. Rombongan dari Hongkong dijadwalkan tiba di Jakarta pada 13 Maret 2013. Keesokan harinya, pertemuan akan digelar dengan Ketua Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Selanjutnya, mereka menghadiri Life Style Expo yang diselenggarakan oleh Hongkong Trade Development Council (HKTDC) di Jakarta Convention Center, Kamis (14/3/2013) malam.

Kunjungan ke Pulau Lombok diagendakan pada Jumat (15/3/2013) siang atau setelah pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Munh di Jakarta. "Sesuai jadwal, kunjungan di Lombok akan diawali pertemuan koordinasi dengan Gubernur NTB yang diagendakan pada pukul 17.00," ujar Tri.

Selanjutnya, Sabtu (16/3/2013), rombongan pejabat dan investor Hongkong itu akan meninjau kawasan pariwisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, kemudian ke obyek wisata Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang ramai dikunjungi wisatawan asing, termasuk dari Hongkong.

Menurut rencana, rombongan akan bermalam di Gili Trawangan, sekaligus menggelar pertemuan silaturahim dengan wisatawan Hongkong di NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com