Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukittinggi Menjadi Titik Start TdS 2013

Kompas.com - 07/02/2013, 17:21 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tour de Singkarak (TdS) kembali akan digelar pada 2-9 Juni 2013 di Sumatera Barat. Ajang balap sepeda internasional yang tahun ini memasuki kali kelima itu menawarkan dua hal baru.

Pertama adalah bertambahnya jumlah kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang terlibat. Selain itu, titik start pada tahun ini adalah Kota Bukittinggi. Tahun lalu, Sawahlunto menjadi menjadi titik start, setelah tahun-tahun sebelumnya titik start selalu di Kota Padang.

"Tahun lalu kabupaten dan kota yang terlibat 14, sekarang jadi 16," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, saat jumpa pers mengenai Tour de Singkarak 2013 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Oleh karena itu, seperti diungkapkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, akan ada 16 destinasi yang muncul di TdS 2013, yang berarti terdapat 16 keunikan. Kabupaten yang baru terlibat tahun ini adalah Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi Ismet Amzis, menuturkan bahwa sebagai titik start TdS 2013, pihaknya telah menyiapkan beberapa hal termasuk pameran industri kreatif dan jamuan makan untuk para atlet.

Menurut Ismet, TdS memberi dampak pada kunjungan wisatawan di Bukitinggi. Jika dibandingkan tahun 2011, ia mengaku terjadi peningkatan 99 persen dari segi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com