Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Tawarkan Keindahan Derawan di Manado

Kompas.com - 11/02/2013, 15:20 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menawarkan potensi wisata Pulau Derawan dan Kakaban pada pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2013 di Manado, Sulawesi Utara. "Pariwisata adalah potensi terpendam di Kaltim yang sedang kami kembangkan sekarang," kata staf Biro Humas dan Protokol Kaltim, Soegiyanto, di Manado, Senin (11/2/2013).

Ia menjelaskan, potensi yang dimiliki Pulau Derawan sangat banyak, mulai dari pantai hingga lautnya yang layak dinikmati pengunjung. "Bahkan negara tetangga kita Malaysia juga ikut mengenalkan pulau indah ini keluar, hingga banyak dikunjungi orang," katanya.

Menurut Soegiyanto, untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke Pulau Derawan, pemerintah sudah menganggendakan Festival Derawan 2013 pada September mendatang.

Untuk sampai ke Derawan, cukup naik perahu dari Berau selama satu jam dan sudah bisa menikmati keindahan alam pulau tersebut.

Selain Derawan, Kakaban adalah pulau tanpa penghuni yang sedang dipromosikan, karena merupakan tempat berkembangnya penyu. "Di Kakaban, penyu bertelur setiap bulan purnama sampai menetas dan berenang ke laut," kata Soegiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com