Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Bakal Ada Paket Wisata Tour de Singkarak

Kompas.com - 14/02/2013, 08:42 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah empat kali Tour de Singkarak (TdS) berlangsung, tahun ini paket wisata akan disiapkan bagi wisatawan yang tertarik menonton TdS 2013. TdS merupakan ajang balap sepeda internasional yang berlangsung di Sumatera Barat (Sumbar).

Ajang TdS yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Barat itu memang mengusung konsep sport tourism atau mempromosikan pariwisata suatu destinasi melalui ajang olahraga.

Seperti diungkapkan Ketua Association of The Indonesia Tours & Travel Agencies (Asita) Sumbar, Ian Hanifah, pihaknya tengah menyiapkan paket wisata TdS.

"Kita akan siapkan paket, koordinasi dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Sumbar," tutur Ian, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, koordinasi dengan PHRI berkaitan dengan akomodasi. Jika suatu hotel penuh di hari H karena diinapi atlet dan panitia, maka akan menginap di hotel sekitar.

"Misalnya start di Bukittinggi tapi hotel penuh, menginapnya di Padang, baru transfer ke Bukittinggi saat start. Atau di Sawahlunto, menginapnya di Bukittinggi atau Solok," jelasnya.

Keterbatasan hotel berbintang memang sejak lama menjadi kendala penyelenggaraan TdS. Tahun ini, ada 16 kabupaten/kota yang terlibat TdS. Tidak semua kabupaten/kota tersebut memiliki hotel berbintang.

Namun, seperti Bukittinggi, efek TdS memunculkan hotel berbintang baru di kota ini. Menurut Wali Kota Bukittinggi Ismet Amzis, ada dua hotel berbintang baru di Bukittinggi. Total Bukittinggi memiliki 2 hotel bintang tiga, 2 hotel bintang 2, 8 hotel bintang satu, dan 40 hotel melati.

Selain dengan PHRI Sumbar, Asita Sumbar juga berkoordinasi dengan Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai yang melayani rute menuju Sumbar. Ian berharap paket yang ditawarkan dapat menarik wisatawan terutama dari kalangan komunitas pehobi sepeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com