Selasa, 2 September 2014

News / Travel

Menikmati Gunung Sindoro dari Bukit Sikunir Dieng

Kamis, 14 Februari 2013 | 09:26 WIB

KOMPAS.com - Banyak dari kita jika ingin hunting foto dan menikmati keindahan Pegunungan pasti ingin pergi ke Bromo. Memang Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi populer di Indonesia. Tapi tahukah Anda di Pulau Jawa ini kita bisa menikmati keindahan deretan pegunungan yang tidak kalah dengan Bromo. Gunung ini adalah Sindoro yang bisa kita nikmati dari puncak bukit Sikunir di Dieng, Jawa Tengah.

Gunung Sindara yang biasa disebut Sindoro merupakan gunung yang mempunyai tinggi 3.150 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan sebuah gunung volkano yang masih aktif yang terletak di Jawa Tengah dan sangat dekat dengan Temanggung sebagai kota terdekat.

Gunung Sindara ini terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Deretan gunung berapi yang cantik ini kita bisa menikmatinya di Bukit Sikunir Dieng. Ya disinilah adalah spot yang paling baik untuk menikmati keindahan gunung volcano aktif ini secara keseluruhan. Untuk mencapai Bukit Sikunir Dieng ini kita harus menyusuri dan mendaki jalan setapak selama 1,5 sampai 2 jam di waktu subuh.

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi.

Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik). Bisa dikatakan view terbaik untuk menikmati sunrise di Dieng adalah di Gunung Sikunir ini. Gunung Sikunir mungkin tidak sepopuler Gunung Merapi di Yogyakarta atau Gunung Bromo di Tengger.

Gunung Sikunir adalah salah satu gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Di sini kita bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Slamet dan barisan gunung lainnya. Lokasi ini terletak 8 kilometer dari Dieng dan untuk menuju gunung ini adalah dengan mendaki start mulai jam 4 pagi.

Untuk mendaki bukit Sikunir ini sangat diperlukan senter sebagai penerangan, jaket dan kondisi fisik yang kuat. Sangat disarankan untuk mendaki di kala subuh, agar kita bisa merasakan dan menikmati matahari terbit yang muncul dari Gunung Sindoro.

Umumnya untuk mendaki Bukit Sikunir ini memakan waktu 45 menit dan paling lama 1 jam. Perlu diingat di sini di ketinggian 2.300 meter dari permukaan laut membuat udara tipis, sehingga akan membuat napas kita tersengal saat mendaki. Cobalah untuk mengatur pernapasan Anda melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut secara teratur.

Jika Anda beruntung dan mendapatkan cuaca cerah di Bukit Sikunir, Anda bisa melihat deretan pegunungan Sindoro dengan sangat jelas. Dihiasi semburat sinar matahari dan kabut yang membuat suasana di sini semakin mistis. Kita bisa berkeliling kawasan bukit Sikunir untuk mengambil angle yang baik untuk diabadikan dengan kamera, banyak spot-spot yang bagus di sini yang bisa kita saksikan.

Setelah puas menikmati keindahan Gunung Sindoro dari Bukit Sikunir, saatnya kita menuruni bukit ini dan di sekitar perjalanan baru tampak jelas keindahan tebing dan bukit bukit yang saat subuh tadi tidak tampak.

Sesampai di dasar bukit tempat kita memarkirkan kendaraan ternyata di sini ada sebuah danau hijau kecil yang terletak di bagian bawah Gunung Sikunir. Di lokasi Telaga Cebong ini sebenarnya adalah tempat parkir kita menuju Gunung Sikunir.

Karena kita tiba pada saat subuh sehingga danau ini tidak terlihat, tetapi setelah menuruni Gunung Sikunir, dari jauh mulai tampak keindahan Telaga Cebong ini. Konon danau ini dinamakan Telaga Cebong karena ada banyak kecebong di danau dan juga ada yang melihat telaga ini mirip berbentuk cebong, selain itu pemandangan sekitar telaga ini juga sangat indah.

Di sisi lain dari danau ada sebuah desa bernama Sembungan. Ini merupakan desa yang tertinggi di Jawa dengan ketinggian 2300m di atas permukaan air laut.

Yang jelas Gunung Sindoro membuat wisatawan maupun fotografer berdecak kagum. Perjalanan yang lumayan berat di pagi hari terbayar sudah menikmati keindahan pagi di sini. Menyaksikan Gunung Sindoro dari Bukit Sikunir Dieng ini merupakan salah satu lokasi favorit saya, baik untuk memotret atau hanya menikmati keindahan alam. (Barry Kusuma)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: