Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Sukanya Wisata Pantai

Kompas.com - 22/02/2013, 19:42 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika berbicara pilihan aktivitas wisata apa yang paling digemari wisatawan nusantara saat melancong di dalam negeri, maka wisata bahari menjadi jawabannya. Setidaknya hal tersebut berdasarkan hasil pengulasan situs perjalanan Valadoo.com dalam memetakan pelanggannya.

“Wisata bahari seperti pantai dan laut masih yang menjadi favorit,” ungkap Co-Founder & CEO Valadoo.com, Jaka Wiradisuria saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Valadoo.com sendiri sebuah e-commerce di bidang travel. Situs ini memiliki paket-paket wisata untuk destinasi-destinasi yang tersebar di 27 provinsi Indonesia. Sebagian besar pelanggannya merupakan wisatawan domestik, dengan sekitar 80 persen berasal dari Jakarta.

Jaka mengungkapkan destinasi yang termasuk favorit dan masuk dalam 20 peringkat teratas favorit adalah seperti Bali, Lombok, Karimun Jawa, Bangka Belitung, Kepulauan Seribu, Derawan, Tanjung Bira, dan Raja Ampat. Tentu saja destinasi-destinasi ini terutama menawarkan keelokan pantai dan lautnya.

“Derawan lagi populer. Padahal akses nggak one flight (penerbangan langsung). Tapi saat orang tahu fasilitas dan aktivitas yang di sana seperti apa, orang beranggapan it’s worth traveling (sepadan dengan perjalanannya), walau dengan perjalanan di atas 6 jam,” jelas Jaka.

Tetapi, lanjutnya, untuk masyarakat Jakarta, favorit destinasi lainnya juga yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Misalnya Bogor dan Sukabumi.

“Ini destinasi yang populer saat bukan musim liburan dan untuk weekend getaway (liburan akhir pekan),” kata Jaka.

Setelah wisata bahari, menurut data tahun 2011 dari Valadoo.com, aktivitas wisata lainnya yang digemari adalah wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, dan wisata petualangan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com