Sabtu, 29 November 2014

News / Travel

Keindahan Tersembunyi di Museum-museum Jakarta

Senin, 25 Februari 2013 | 16:34 WIB

KOMPAS.com - Wisata ke museum bagi sebagian orang identik dengan masa-masa dimana mereka berada di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah. Dan ada kecenderungan orang tidak tertarik mengunjungi museum lagi. Namun, tahukah Anda ada beberapa museum di ibu kota negara ini yang mempunyai keindahan tersembunyi?

Sebut saja, Museum Fatahillah yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta. Jika Anda menyempatkan waktu berkunjung ke Museum Fatahillah, maka jangan lewatkan untuk melihat sebuah pembatas ruangan kuno dengan figur Dewi Athena yang berada di ruang atas dari museum. Konon ketika pembatas ruangan ini diikutsertakan di sebuah pameran, pihak penyelenggara harus membyarkan uang sebanyak Rp 5 miliar sebagai premi asuransi.

Halaman belakang museum juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Dulunya halaman belakang ini adalah tempat pembantaian bagi narapidana di masa penjajahan Belanda. Namun saat ini, halaman belakang museum telah diubah menjadi sebuah taman yang asri. Sebuah patung Hermes berdiri tegak di tengah taman menjadi pusat perhatian selain meriam Si Jagur.

Keindahan detail patung Hermes ini membuktikan keahlian dari seniman yang membuatnya di kala itu. Patung ini dulunya diletakkan di jembatan Harmoni sebagai salah satu ikon kota Jakarta. Namun, setelah terjadi kejadian sebuah mobil menabrak patung tersebut, maka pihak pemerintah memindahkannya ke Museum Fatahillah.

Tempat lain yang menarik dikunjungi adalah Museum Nasional yang berdiri tegak di seberang Monumen Nasional. Museum Nasional juga dikenal sebagai Museum Gajah karena patung gajah perunggu pemberian Raja Siam yang berdiri di halaman depan museum. Patung gajah yang sama juga berada di negara tetangga, Singapura, tepatnya di Arts House at the Old Parliament.

Museum Nasional terdiri dari dua bangunan besar yaitu Gedung Gajah dan Gedung Arca. Di dalam Gedung Gajah, Anda akan melihat berbagai koleksi arca dan koleksi museum yang berasal dari berbagai budaya yang ada di Indonesia. Sedangkan Gedung Arca difungsikan sebagai tempat pameran dan museum dengan konsep yang lebih modern.

Selain keindahan bangunan museum yang masih berdiri kokoh, Anda haruslah melihat keindahan koleksi mesuem yang terbuat dari emas yang berada di ruang harta karun di lantai atas Gedung Gajah.

Tempat lain yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Museum Bank Mandiri yang berada di kawasan Kota, Jakarta. Di sana Anda akan menyaksikan keindahan sebuah jendela mozaik kuno yang berada di tangga utama museum. Selain itu, akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda ketika Anda mengunjungi ruang brankas, terlebih ketika museum dalam keadaan sepi.

Berwisata ke museum selain menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa ini juga terkadang membawa kita menyaksikan keindahan dari masa lalu, baik dari segi bangunan kuno yang masih kokoh berdiri atau koleksi museum dengan nilai seni yang tinggi. (Andre Handoyo)

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel


Editor : I Made Asdhiana