Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Foto Wonderful Indonesia di Yunani

Kompas.com - 12/03/2013, 08:20 WIB

YUNANI, KOMPAS.com - Sebanyak 35 foto dari berbagai tempat di Indonesia ditampilkan pada pameran foto Indonesia bertajuk "Wonderful Indonesia" di Pusat Budaya Kota Volos, Yunani yang berlangsung selama tujuh hari, 10-16 Maret 2013.

"Foto-foto yang ditampilkan pada pameran ini merupakan hasil karya para peserta Darmasiswa dari Yunani, yaitu Danai Karnava, Alexandros Tsagaridis, Panagiota Loukaki, Vassilis Loukakis, dan Tassa Paraskevi," kata Sekretaris Pertama KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti kepada Antara, Selasa (12/3/2013).

Karya-karya foto tersebut sebagian besar menampilkan keindahan pemandangan, bangunan bersejarah, dan kehidupan masyarakat Indonesia dari sudut pandang para turis, seperti barisan stupa di Candi Borobudur maupun para petani yang sedang memanen padi.

Selain itu, foto yang mengambarkan masyarakat Bali sedang melakukan upacara di pura, keindahan matahari terbenam (sunset) di Pantai Kuta, Kawah Gunung Bromo, upacara Ngaben di Bali, dan foto-foto lainnya.

Pameran foto dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Volos Bidang Budaya Apostolos Pantsas yang dalam pidatonya menyatakan bahwa foto-foto yang ditampilkan dalam pameran ini membuatnya ingin secara langsung melihat Indonesia.

Selain keindahan objek yang ditampilkan, Wakil Wali Kota Volos itu juga memuji gradasi warna yang ditonjolkan dan pemilihan tema foto yang menurut dia dapat mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan oleh para fotografer tersebut.

Pantsas menyatakan bahwa pameran foto ini merupakan kegiatan awal yang menandai partisipasi Indonesia sebagai "guest of honor country" pada kegiatan Carnival of The World di Volos, Yunani, Maret 2013.

Carnival of The World merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintah Kota Volos sebagai upaya untuk melestarikan tradisi karnaval di kota tersebut.  Pada tahun 2013, Wali Kota Volos secara resmi telah mengundang Indonesia untuk menjadi "guest of honor country" pada karnaval ini.

KBRI Athena telah mempersiapkan serangkaian kegiatan untuk mengisi acara karnaval yang biasanya berlangsung selama dua minggu.  Selain pameran foto, KBRI Athena akan mengadakan workshop musik angklung, masakan Indonesia, dan tari tradisional Indonesia.

Kegiatan juga akan diisi dengan pelaksanaan Malam Budaya Indonesia pada 16 Maret, dan sebagai puncaknya adalah keikutsertaan tim Indonesia pada parade 17 Maret 2013 yang diakhiri dengan "open air performance" berupa "medley" tarian Indonesia.

Duta Besar RI untuk Athena Benny Bahanadewa menyatakan pameran foto ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat Volos mengenai Indonesia, mengingat keseluruhan foto tersebut dibuat pemuda-pemudi Yunani yang telah mengikuti program Darmasiswa.

Dubes Indonesia itu berharap agar masyarakat di Kota Volos, khususnya dan Yunani pada umumnya, dapat lebih mengenal Indonesia dan berkeinginan untuk lebih lanjut mempelajari Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com