Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Alam Sangkima Makin Diminati Wisatawan

Kompas.com - 16/03/2013, 17:35 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

SANGATTA, KOMPAS.com- Wisata Alam Sangkima, obyek wisata yang berada di area Taman Nasional Kutai (TNK), Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, makin diminati wisatawan. "Jumlah wisatawan semakin banyak. Setidaknya ada 200-500 wisatawan domestik mengunjungi Wisata Alam Sangkima per bulan. Jika musim liburan, lebih banyak lagi," ujar Hernowo Supriyanto, Kepala Seksi Pengelolaan TNK wilayah 1 Sangatta, Sabtu (16/3/2013).

Tempat ini berlokasi di poros Bontang-Sangatta. Hanya berjarak 22 km dari kota Sangatta atau 38 km dari kota Bontang. Retribusinya pun murah, yakni Rp 1.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara.

Daya tarik tempat ini antara lain pohon ulin berukuran besar yang berdiameter 2,47 m dan berumur 1.000 tahun lebih. Untuk menuju ke pohon itu, pengunjung bisa meniti papan-papan kayu sejauh 1 km. Selain ulin, daya tarik tempat ini rumah pohon, dan kucuran air 7 tingkat.

"Tempat ini menarik. Namun sayangnya di sepanjang jalan menuju ke sana sudah banyak rumah. Mestinya jangan ada bangunan karena tempat itu kan termasuk taman nasional," kata Amir Hamzah, seorang pengunjung yang juga warga Berau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com