Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Gencar Promosi Pariwisata di Yogyakarta

Kompas.com - 23/03/2013, 17:51 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gencar mempromosikan potensi pariwisata unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta, agar semakin banyak wisatawan yang datang ke Pulau Lombok dan Sumbawa dari Yogyakarta.

"Promosi makin gencar, dan diharapkan wisatawan mancanegara dan domestik yang bepergian ke Yogyakarta, juga ke Lombok dan Sumbawa," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB, H Lalu Gita Aryadi, di Mataram, Jumat (22/3/2013).

Gita mengatakan, pihaknya beserta Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB terus menjalin koordinasi dengan institusi terkait di Yogyakarta, guna mendapatkan informasi tentang momentum pariwisata.

Duta wisata dan tim promosi pariwisata NTB berupaya memanfaatkan berbagai momentum pariwisata di Yogyakarta untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada di Pulau Lombok, dan Sumbawa, serta pulau-pulau kecil (gili).

Tampilan pesona Lombok-Sumbawa beserta berbagai atraksi kesenian dan kegiatan lainnya yang bernuansa wisata NTB di Yogyakarta, akan semakin mendorong wisatawan untuk kepergian ke NTB. "Acara fashion show yang menampilkan adat Sasak (Lombok), Samawa (Sumbawa) dan Mbojo (Bima), wisata kuliner dan even wisata lainnya di Yogyakarta juga diikuti tim promosi pariwisata NTB yang melibatkan putra daerah NTB yang sedang menekuni pendidikan di Yogyakarta," ujarnya.

Gita mengatakan, pihaknya bersama BPPD NTB tengah menyusun program "one day tour" ke Yogyakarta yang melibatkan pelajar yang ada di wilayah NTB. Program itu disesuaikan dengan rencana pembukaan rute baru penerbangan langsung Lombok-Yogyakarta yang akan direalisasikan maskapai penerbangan Lion Air.

"Begitu Lion Air buka rute baru Lombok-Yogyakarta, maka program itu direalisasi. Tim promosi pariwisata dari NTB, termasuk didalamnya duta wisata dari kalangan pelajar pergi mengunjungi obyek wisata andalan di Yogyakarta sambil menawarkan keindahan alam Lombok dan Sumbawa, lalu kembali ke Lombok menggunakan penerbangan malam," papar Gita.

Tim promosi pariwisata NTB itu juga mensosialisasikan kalender pariwisata NTB yang dimulai dengan perayaan Tahun Baru yakni penyediaan obyek wisata untuk perayaan malam pergantian tahun di berbagai lokasi unggulan, seperti Pantai Senggigi, tiga gili, air terjun Otak Kokoq, Pantai Kuta, Pantai Maluk dan obyek wisata lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com