Kamis, 18 Desember 2014

News / Travel

Pantai Tanjung Lesung yang Cantik...

Senin, 25 Maret 2013 | 15:36 WIB

KOMPAS.com — Anda yang ingin berlibur pada saat weekend pasti tidak asing dengan Pantai Anyer dan Carita. Namun, tahukah Anda dengan 1 - 1,5 jam lagi perjalanan dari Carita, Anda akan menemukan kawasan Pantai Tanjung Lesung yang cantik?

Kawasan Tanjung Lesung mempunyai beberapa pantai yang indah. Selain itu, dari sini kita juga bisa mengunjungi beberapa kawasan wisata seperti Pulau Peucang, Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon, dan Gunung Krakatau.

Dari Tanjung Lesung ini kita bisa menikmati kawasan wisata tersebut, dan di sini juga terdapat akomodasi vila dan resort yang mempunyai fasilitas cukup lengkap. Berikut destinasi wisata di Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung

Dinamakan Pantai Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu salah satu alat yang digunakan masyarakat tradisional Nusantara untuk menumbuk padi. Banyak permainan air yang menarik di sini, ada jet ski, snorkeling, memancing, berperahu, dan lain-lain. Kawasan wisata ini cukup lengkap fasilitasnya, dan cocok untuk liburan bersama keluarga.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini, yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan.

Keanekaragaman tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Ujung Kulon mulai dikenal oleh para peneliti, dan pakar botani Belanda dan Inggris sejak tahun 1820. Lebih kurang 700 jenis tumbuhan terlindungi dengan baik, dan 57 jenis di antaranya tergolong langka, seperti merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemiaspeciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), ki hujan (Engelhardia serrata), dan berbagai macam jenis anggrek.

Satwa di Taman Nasional Ujung Kulon terdiri dari 35 jenis mamalia, 5 jenis primata, 59 jenis reptilia, 22 jenis amfibia, 240 jenis burung, 72 jenis insekta, 142 jenis ikan, dan 33 jenis terumbu karang. Satwa langka dan dilindungi selain badak Jawa adalah banteng (Bos javanicus javanicus), ajag (Cuon alpinus javanicus), surili (Presbytis comata comata), lutung (Trachypithecus auratus auratus), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus), kucing batu (Prionailurus bengalensis javanensis), owa (Hylobates moloch), dan kima raksasa (Tridacna gigas).

Jangan lupa mengunjungi Watu Copong yang merupakan titik Nol Kilometer di Pulau Jawa.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut, dan peninggalan budaya/sejarah seperti Arca Ganesha di Gunung Raksa, Pulau Panaitan. Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain. (BARRY KUSUMA)

 

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: