Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Saing Pariwisata Indonesia Meningkat

Kompas.com - 05/04/2013, 08:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringkat daya saing pariwisata Indonesia mengalami peningkatan. Berdasarkan data The Travel and Tourism Competitiveness Index yang dilansir World Economic Forum 2013, daya saing pariwisata Indonesia mampu naik empat peringkat.

"Tahun 2012, kita di peringkat 74. Tahun ini kita naik jadi 70 dari 140 negara. Kita masih kuat di value for money," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (4/4/2013).

Untuk faktor harga, Indonesia dipandang sebagai destinasi yang value for money. Terjadi kenaikan di kategori value for money dari peringkat 6 menjadi 9. Selain kategori tersebut, Indonesia juga menonjol di kategori culture and heritage (budaya dan warisan sejarah) dan rich natural resources (kekayaan dan keindahan alam).

Hal ini berarti pariwisata Indonesia dipandang berpotensi untuk terus dikembangkan terutama di sektor budaya dan alam, serta harga yang bersaing. Namun, Mari mengakui Indonesia masih menghadapi beberapa kendala jika membicarakan masalah pariwisata.

"Kendala kita masih di infrastruktur. Ini PR (pekerjaan rumah) kami untuk berkoordinasi terus dengan daerah dan Kementerian Perhubungan," tambah Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com