Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Suku Bajo di Wakatobi Ditunda

Kompas.com - 09/04/2013, 15:34 WIB

WANGI-WANGI, KOMPAS.com--Festival Internasional Suku Bajo yang akan digelar Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada awal Mei 2013 ditunda hingga September 2013.

Presiden Suku Bajo Indonesia Abdul Manan di Wakatobi, Senin mengatakan penundaan jadwal pelaksanaan festival tersebut atas permintaan dari negara-negara peserta, seperti Thailand, Pilipina dan Vietnam.

"Atas pemintaan dari beberapa negara peserta festival itu kami sebagai tuan rumah penyelenggara menunda jawal pelaksanaan festival hingga September 2013," katanya.

Menurut dia, Festival Internasional Suku Bajo tersebut akan diawali dengan kegiatan Konfrensi Suku Bajo yang dipusatan di Universitas Haluoleo Kendari. "Peserta konfresi diperkirakan diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai negera," katanya.

Usai konfressi, jelas Manan, seluruh peserta akan diangkut ke Wakatobi menggunakan angkutan kapal laut untuk mengikuti festival internasional yang dipusatkan di Desa Mola, Kecamatan Wangiwangi Selatan.

"Rombongan yang ikut dalam kapal itu akan disambut dengan iring-iringan ribuan kapal-kapal nelayan Suku Bajo Waatobi," katanya.

Menurut Manan, dalam Festival Internasional Suku Bajo tersebut, akan dimeriahkan dengan pagelaran seni tari dan atraksi budaya dari masing-masing negara peserta.

Suku Bajo Wakatobi sendiri, kata dia, sudah menyiapkan tarian duata dan atraksi Bangka Mbule-mbule untuk memeriahkan festival tersebut.

"Tarian duata, merupakan tarian tradisional Suku Bajo Wakatobi dalam menyambut tamu-tamu kehormatan daerah. Tarian ini dimainkan anak-anak gadis di atas perahu yang dibuat semacam rakit," katanya.

Sedangkan tradisi Bangka Mbule-mbule merupakan kebiasaan masyarakat Suku Bajo melarung sesajen di tengah laut, sebagai permohonan kepada penguasa laut agar menjauhan mereka dari marabahaya dan melimpahkan rezeki berupa tangkapan ikan yang banyak.

Selain pagelaran seni budaya, dalam festival tersebut juga akan diadakan berbagai lomba, yang berkaitan dengan kehidupan masyaraat Suku Bajo sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com