Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawat Melaka Lewat Galeri Melaka

Kompas.com - 10/04/2013, 13:21 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin tak banyak yang tahu, kawasan Kota Tua Jakarta memiliki museum baru. Ya, memang bangunan yang bernama Galeri Melaka ini, layaknya museum mini, baru diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo beberapa bulan lalu.

Memang bangunannya tidak terlalu besar, bahkan cenderung sangat kecil, terselip di balik tembok-tembok bangunan tua di kawasan kota. Mungkin jika orang tak memerhatikan plang nama di atas tembok bangunannya, tak ada yang tahu jika di tempat itu ada sebuah museum.

Galeri Melaka, sesuai namanya berisi segala cerita tantang Melaka, salah satu wilayah di Malaysia. Melaka terkenal dengan kebudayaannya yang sangat kental. Bahkan foto-foto yang dipamerkan di atasnya tertulis "Melawat Melaka Bersejarah Berarti Melawat Malaysia". Hal ini berarti mengunjungi Melaka berarti telah mengunjungi Malaysia.

Di dalam galeri yang didominasi oleh warna terang ini, kebanyakan berisi gambar dan foto. Baik itu foto para pemimpin di Malaysia dan Melaka, peta lokasi melaka, tempat wisata yang ada di sana, museum-museum, kebun binatang, bahkan ada pula foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menjalani kunjungan ke Melaka.

Gambar dan foto ditampilkan secara berurutan sehingga menampilkan sebuah cerita lengkap tentang Melaka. Ada baiknya untuk melihat gambar mulai dari sisi kanan pintu masuk. Sebab, sering kali pengunjung tidak tahu, alih-alih membaca dari awal, malah membaca gambar dimulai dari yang paling akhir.

"Sering orang lihatnya malah dari belakang, karena nggak tahu," papar Wulan, salah satu staf di Galeri Melaka.

Selain itu, ada pula buku-buku sejarah dan kebudayaan Melaka. Tampak pula kerajinan gerabah yang dipamerkan dalam meja-meja yang diberi kaca.

Wulan pun mengungkapkan, meski baru seumur jagung, tetapi galeri tersebut tak pernah sepi. Ada saja satu atau dua orang yang datang setiap harinya. Kebanyakan, menurutnya, berasal dari komunitas.

Galeri yang berada di Jalan Melaka Nomor 7-9, Roa Malaka, Tambora, Kawasan Kota Tua Jakarta ini, beroperasi pada jam 9.00 sampai 16.00  WIB. Buka di hari Selasa sampai Minggu dan hari libur museum adalah hari Senin.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com