Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru, Mentawai Gelar Kompetisi Selancar Tingkat Asia

Kompas.com - 11/04/2013, 18:48 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepulauan Mentawai memiliki banyak titik selancar terbaik di seluruh wilayah lautnya. Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dalam konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (11/4/2013), mengatakan bahwa terdapat lebih dari 70 titik selancar di seluruh wilayah Kepulauan Mentawai.

"Di Indonesia mungkin Mentawai yang terbaik spot surfing-nya, kalau disamakan mungkin samanya seperti di Hawaii," ujar Irwan.

Dengan titik-titik selancar terbaik tersebut, setiap tahunnya di Mentawai diselenggarakan acara kompetisi selancar dan pada tahun ini diadakan "Mentawai Internasional Pro Surf Competition" yang diselenggarakan oleh asosiasi selancar tingkat Asia, Asian Surf Competition (ASC).

"Di Kementerian sendiri ada 7 wisata yang menjadi special interest (minat khusus), salah satunya itu ada sport tourism (wisata olahraga) dan surfing termasuk sport tourism tersebut," papar Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuty, pada kesempatan yang sama.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 21-29 April 2013 di bagian selatan Pulau Sipora tepatnya di Lances Right, Katiet.

"Pembukaan event sendiri di Lanches Right, Katiet. Ini salah satu daerah dengan spot surfing terbaik di dunia," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Desti Seminora.

Penyelenggaraan "Mentawai Internasional Pro Surf Competition 2013" sendiri akan diikuti oleh 43 peselancar yang diikuti oleh peselancar tingkat Asia dan peselancar lokal yang berasal dari komunitas peselancar Mentawai.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com