Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentawai, Surga Bagi Peselancar

Kompas.com - 12/04/2013, 11:52 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, banyak memiliki titik selancar terbaik. Ternyata di antara banyaknya titik seluncur tersebut, dua di antaranya masuk ke dalam daftar sepuluh titik selancar terbaik di dunia. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mentawai, Desti Seminora.

"Surfing adalah pasar unggulan dalam memacu kedatangan wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Mentawai adalah peselancar," ujar Desti, saat jumpa pers "Mentawai International Pro Surf 2013" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

"Di dunia ada 10 spot surfing terbaik menurut majalah Surfer Magazines dan 2 di antaranya ada di Mentawai," katanya.

Tempat tersebut adalah Lanches Right di Katiet dan Makaronies di Silabu, Mentawai. Alasan Mentawai sebagai titik selancar terbaik, menurut Desti, adalah gulungan ombak di Mentawai yang disebut dengan barrel, yaitu ombak yang berbentuk seperti ada lubang di tengahnya. Ombak tersebut, tambahnya, selalu muncul konsisten pada titik-titik tersebut.

"Ombak di Mentawai juga bentuknya macem-macem ada yang bentuknya ular, berlapis-lapis, ada yang teropong," tambahnya.

Bahkan, kata Desti, beberapa wisatawan yang sering berkunjung ke sana pun mempunyai titik favorit untuk berselancar. Apalagi Mentawai masih memiliki pantai-pantai tersembunyi yang belum terjamah dan sangat cantik.

"Surfing ini sangat mempunyai karakteristik khusus, untuk satu spot surfing tidak boleh terlalu ramai. Ada juga spot yang dirahasiakan sama wisatawan itu, jadi cuma mereka yang tahu," ungkapnya.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com