Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Olele, Pilihan Wisata Bahari di Teluk Tomini

Kompas.com - 19/04/2013, 14:47 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

KOMPAS.com - Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Gorontalo, Pantai Olele di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango relatif mudah dijangkau. Pantai dengan aktivitas nelayan yang cukup padat ini menawarkan pemandangan yang indah. Banyak pengunjung yang datang menyambangi Olele mengagumi keindahan  pemandangan dan surga bawah laut yang ditawarinya.

"Ada yang pernah menyelam di sini bilang bahwa bawah laut Olele tidak kalah dengan Bunaken dan Wakatobi," ujar Umar, salah satu warga Olele kepada Kompas.com ketika menyambangi Pantai Olele, Kamis (18/4/2013).

Anak-anak yang bermain di pantai sambil mencari ikan dengan berenang di tepian akan menjadi semacam ucapan selamat datang bagi pengunjung. Perahu-perahu nelayan tradisional akan menemani waktu santai pengunjung, sambil menunggu giliran sewa perahu katamaran untuk melihat keindahan terumbu karang.

Jika ingin snorkeling atau diving, di Pantai Olele tersedia jasa sewa alat snorkeling dan menyelam. Instruktur serta guide berpengalaman siap pula menemani eksplorasi surga bawah laut yang bisa dibilang masih terjaga kebersihannya.

Pantai Olele serta taman lautnya yang merupakan bagian dari garis pantai Teluk Tomini ini sejak tahun 2006 telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi oleh Pemkab Bone Bolango. "Beberapa tahun belakangan ini wisatawan sudah mulai ramai datang mengunjungi Olele. Kami senang karena bisa punya pendapatan lebih. Tapi air bersih masih susah disini," jelas Umar.

Dari informasi yang dihimpun, pengelolaan daerah wisata ini masih dilakukan secara mandiri oleh warga setempat. Selain menawarkan jasa penyewaan alat selam, mereka juga menawarkan jasa penyewaan perahu dan menjual berbagai makanan ringan. Semoga Pantai Olele dan surga bawah lautnya akan menjadi salah satu destinasi wisata bahari di Gorontalo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com