Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Mencoba Pisang Nasi Goreng?

Kompas.com - 20/04/2013, 09:27 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pisang Nasi Goreng adalah satu menu baru yang dikreasikan di Dapur Santika bagi para penggemar kuliner sehat Indonesia. Jika umumnya nasi goreng menggunakan nasi, lain halnya dengan Pisang Nasi Goreng. Menu yang satu ini menggunakan pisang matang yang setengah tua sebagai bahan utama pembuatannya, tentunya sebagai pengganti nasi.

Ide yang satu ini dikreasikan oleh Ibu Tyas, yang merupakan salah satu juru masak Hotel Santika Premiere Jogja, saat mengikuti lomba masak tahunan yang digelar oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di bulan Febuari 2013.

Pada kesempatan ini, Hotel Santika berhasil memenangkan juara kedua terbaik. "Merupakan prestasi dan kebanggaan yang luar biasa bagi kami. Kuliner lezat ini tentunya dapat dijadikan sajian pilihan bagi keluarga karena, selain kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral; pisang juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang tentunya sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh," kata Public Relation Hotel Santika Premiere Jogja, Franzesca Mercilia, dalam rilisnya kepada Kompas.com, Kamis (17/4/2013).

Pisang juga memiliki kalium tinggi dan natrium rendah sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah dan mencegah stroke. Olahan dari buah pisang juga sangat cocok sekali bagi penderita hipertensi karena mereka dianjurkan untuk mengurangi makanan berkadar garam tinggi. Pisang kaya akan kalium. Kandungan kalium yang tinggi dan kadar garam yang rendah adalah kombinasi yang baik bagi para penderita hipertensi.

Dengan berbagai manfaat yang terkandung dalam pisang inilah, Santika Premiere Jogja mempersembahkan menu sehat pengganti nasi yang dinamakan "Pisang Nasi Goreng" sebagai Chef Suggestion bulan April 2013.

"Olahan nasi goreng pisang ini dilengkapi dengan sate ayam dan telur ceplok serta pelengkap lainnya tanpa menghilangkan citarasa nasi goreng asli. Sangat layak untuk dicicipi. Harganya Rp 60.000," katanya.

Menurut Mercilia, kelezatan Pisang Nasi Goreng bisa dinikmati di Restoran Pandansari. "Ke depan, kami akan terus berinovasi menghasilkan sajian menu lainnya yang baik untuk tubuh dengan menggunakan bahan baku yang sehat," tambah Mercilia. (*)

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com