Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benteng Otanaha, Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Gorontalo...

Kompas.com - 23/04/2013, 15:43 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Mengunjungi Gorontalo tidaklah lengkap jika belum mendatangi Benteng Otanaha yang terletak di atas Bukit Desa Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng yang dibangun oleh Bangsa Portugis pada tahun 1522 dan memiliki 348 anak tangga, seolah menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Gorontalo.

"Dari Benteng ini kita punya kesempatan menikmati dan memotret view Danau Limboto serta pemandangan Gorontalo dan sekitarnya dengan sangat leluasa," ujar Ebbie Vebri Adrian, seorang Fotografer Travel yang sudah mengunjungi lebih dari 2.500 destinasi di seluruh Indonesia, Minggu (24/4/2013).

Menurut Ebbie dalam tiga tahun terakhir, setiap tahun dia sengaja mengunjungi Benteng yang pada awalnya terbuat dari bahan-bahan berupa pasir, batu kapur dan telur burung Maleo sebagai bahan perekatnya. Hal itu dilakukannya hanya untuk menangkap detil dari setiap Benteng Otanaha.

Walau telah pernah mengalami pemugaran pada tahun 1978-1981, namun bentuk Benteng dengan ketinggian dinding mencapai tujuh meter ini tetap dipertahankan sebagaimana bentuk semula.

Benteng Otanaha berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 20 meter. Sejarah menyebutkan, Bangsa Portugis membangun Otanaha atas kesepakatan dengan Raja Ilato ketika mereka singgah di Gorontalo.

Portugis membangun tiga benteng di atas bukit sebagai bentuk kesepakatan dengan raja untuk memperkuat sistem keamanan kerajaan. Ketika Kerajaan Gorontalo diserang, putra Raja Ilato, Naha bersama istrinya Ohihiya menggunakan benteng ini sebagai basis pertahanan.

Namun dalam pertempuran tersebut Naha bersama putranya, Pahu gugur. Atas keberanian mereka tersebut ketiga benteng yang dibangun oleh Portugis tersebut diberi nama sesuai nama ketiganya. Benteng utama diberi nama Otanaha, yang artinya benteng yang ditemukan Naha. Lalu benteng satunya dinamakan Otahiya, yang berarti benteng milik Ohihiya, dan yang satunya lagi diberi nama Ulupahu.

"Memotret di sini, sekaligus bisa mempelajari sejarah kerajaan Gorontalo, sebuah perjalanan yang mengasyikkan," tambah Ebbie.

Benteng Otanaha yang kini sudah menjadi salah satu cagar budaya bernilai historis ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Gorontalo. Sudah semestinya lokasi lokasi seperti ini mendapat perhatian dan pemeliharaan lebih intensif dari pemerintah daerah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com