Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipastikan 47 Negara Ikut Sail Komodo

Kompas.com - 25/04/2013, 14:43 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS - Setidaknya 127 kapal dari 47 negara dipastikan akan berpartisipasi pada Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur. Jumlah negara peserta dimungkinkan bertambah karena kegiatan bertema ”Sail Komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia” itu puncaknya akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, 14 September 2013.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Theodorus Suardi di Labuan Bajo, Rabu (24/4/2013) siang. ”Hari-hari ke depan instansi ini sangat sibuk untuk memantapkan berbagai persiapan menyongsong peluncuran Sail Komodo skala lokal yang menurut rencana digelar pada 6 Mei mendatang,” katanya.

Peluncuran Sail Komodo tingkat nasional menurut rencana dilakukan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono pada bulan September. Sementara peluncuran di tingkat lokal Manggarai Barat dilakukan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

”Tujuan peluncuran tingkat lokal untuk menggemakan kegiatan Sail Komodo sejak dini. Artinya, setidaknya di lingkungan masyarakat Manggarai Barat dan sekitarnya atau NTT sehingga warga juga lebih siap dan tak sekadar menjadi penonton,” lanjutnya.

Labuan Bajo di ujung barat Pulau Flores adalah gerbang masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo. Ada dua pulau besar di kawasan ini, yakni Komodo dan Rinca, sebagai habitat utama binatang purba tersisa, komodo.

Keberadaan binatang langka dan ganas itu sejak tahun 2012 masuk dalam tujuh keajaiban dunia baru. Adapun Taman Nasional Komodo sejak 19 Desember 1991 ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Secara terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Sustyo Iriyono mengatakan, pihaknya pada Minggu (28/4/2013) secara khusus akan menggelar lomba sampan layar dan sampan bermesin ketinting di perairan sekitar Labuan Bajo di Taman Nasional Komodo. Lomba itu melibatkan lebih dari 100 sampan milik nelayan Labuan Bajo, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo.

”Kegiatan lomba untuk memeriahkan kegiatan menyongsong Hari Bumi, sekaligus menggemakan Sail Komodo yang paling tidak akan diikuti peserta dari 47 negara,” kata Sustyo. (ANS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com