Jumat, 31 Oktober 2014

News / Travel

Wagub Kaltim: Festival Derawan Didukung Pusat

Jumat, 26 April 2013 | 14:08 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Farid Wadjdy mengatakan Festival Derawan 2013 yang siap digelar di Pulau Derawan, Kabupaten Berau, mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

"Dukungan dari pusat antara lain dari Kemenko Kesra yang memfasilitasi Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya, Ekspedisi Kesra Nusantara dan Lintas Remaja," kata Farid saat memimpin rapat dengan semua pihak terkait mengenai persiapan Festival Derawan 2013, di lantai II Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Kamis (25/4/2013).

Kemudian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan antara lain melakukan seminar mengenai terumbu karang dan pulau-pulau kecil, expo kelautan, dan lokakarya tentang pengelolaan kawasan perairan.

Dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan kegiatan ini, baik di dalam maupun di luar negeri, membuat expo, seminar, dan penciptaan rekor baru untuk Guiness World of Record (GWR) selam senior dengan peserta berusia di atas 50 tahun.

Sementara dari kementerian lain yang terkait, akan membuat kemudahan keimigrasian seperti visa kedatangan untuk wisatawan mancanegara, kemudahan kepabeanan, kemudahan perizinan lintas laut dan lainnya.

Dalam festival yang dimulai pada Juni dan acara puncak pada 20 September 2013, persiapan yang telah dilakukan panitia di tingkat Provinsi Kaltim antara lain, seminar Festival Derawan di hadapan publik di Jakarta, membentuk susunan panitia yang dituangkan melalui keputusan Gubernur Kaltim, melakukan road show Festival Derawan di Puket (Thailand), Kuala Lumpur (Malaysia), dan Davao (Filipina).

Pihaknya juga telah melakukan talkshow di TVRI Jakarta dengan nara sumber Gubernur Kaltim, anggota DPR RI daerah pemilihan Kaltim, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim.

Kegiatan dalam Festival Derawan antara lain lomba reli kapal, lomba menyelam, lomba memancing, seminar, pameran (expo), pentas seni budaya, panggung gembira, penyambutan kedatangan presiden, dan puncak acara pada 20 September bersama Presiden RI. 


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: