Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Jamblang Warung Cirebonan

Kompas.com - 02/05/2013, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Kalau mencari penjual nasi (sega) jamblang di kota asalnya yaitu Cirebon tentu tidak susah. Saya beberapa kali mampir di Cirebon, Jawa Barat, untuk mencoba beberapa tempat penjual nasi jamblang yang sudah sangat terkenal, seperti Mang Dul, Bu Nur dan Sega Jamblang Pelabuhan.

Nah kalau di Jakarta tentu susah untuk mencari penjual nasi jamblang bukan? Kebetulan saya mendapatkan informasi ada penjual nasi jamblang di daerah Pesanggrahan, Puri Indah, Jakarta Barat.

Lokasinya berada di ruko sebelum supermarket Ranch Market. Jadi masih bersebelahan dengan Waroeng Eddi juga. Tempatnya cukup sederhana, dan di sini menyediakan aneka makanan khas Cirebon, dan tentu nasi jamblang dan empal gentong sebagai andalannya.

Informasi lain yang saya dapatkan, nasi jamblang beserta lauknya ini dikirim langsung dari Cirebon dan banyak yang bilang ini nasi jamblangnya Mang Dul. Jadi setiap hari dikirim dari Mang Dul.

Saya pesan nasi jamblang dengan pilihan lauk perkedel, daging sapi, telor dadar, tempe goreng dan sambel. Untuk nasi (sega)-nya dibungkusin khas dengan daun jati dan isi nasinya tidak terlalu banyak, kalau kurang tinggal tambah lagi.

Nasi jamblangnya enak, lauk-lauknya juga enak mulai dari daging sapi, telor dadar, perkedel dan tempe goreng, Cuma memang sudah dalam kondisi dingin. Coba kalau disajikan masih panas, pasti lebih mantaaab. Saya sudah cukup lama tidak makan nasi jamblang, jadi tambah lahap dan nikmat nih.

Sedangkan empal gentongnya, kuah kuningnya sedap, gurih dan saya pesan isinya hanya daging saja. Untuk dagingnya sendiri empuk, dan cukup banyak isinya. Untuk sambel empal gentong memang khas dan khusus menggunakan sambel kering yang dimasukkan ke dalam bambu.

Akhirnya kesampaian juga nih makan nasi jamblang dan empal gentongnya. Hmmm tapi saya masih tetap kangen makan langsung di Cirebon. Next time pasti wisata kuliner ke Cirebon. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com