Jumat, 31 Oktober 2014

News / Travel

Garuda Masuk Daftar Maskapai Terbaik di Dunia

Jumat, 3 Mei 2013 | 17:10 WIB

KOMPAS.com — Alat transportasi menjadi salah satu yang terpenting dalam melakukan perjalanan. Dalam hal ini, pesawat terbang sering menjadi pilihan untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Puluhan maskapai penerbangan menawarkan rute penerbangan jarak jauh. Namun, tak semua penerbangan memiliki pelayanan yang sama. Meski demikian, sebagian dari mereka berlomba-lomba melayani penumpang sebaik-baiknya.

Baru-baru ini, situs Businessinsider.com merilis beberapa maskapai di dunia dengan pelayanan terbaik. Siapa sangka, ternyata salah satu maskapai Indonesia, yakni Garuda Indonesia, termasuk di dalamnya.

Adapun penilaian yang dilakukan adalah berdasarkan kenyamanan kursi, hiburan yang disediakan saat penerbangan, kebersihan kabin, kualitas makanan yang disajikan, dan pelayanan yang dilakukan oleh awak kabin. Penilaian tersebut disediakan Skytrax.

Penilaian yang dilakukan pun memiliki skor keseluruhan hingga 100 poin. Selain itu, penilaian lainnya disediakan Flightstats.com yang mencatat ketepatan waktu maskapai dalam periode 15 Februari hingga 15 April 2013. Berikut ini beberapa maskapai yang masuk dalam daftar tersebut.

Etihad.
Etihad yang berbasis di Uni Emirat Arab telah berusia 10 tahun. Maskapai ini disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan penerbangan yang berkembang pesat.

Bahkan, keuntungan yang didapatkan pada tahun 2012 meningkat sebanyak tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Selain itu, Etihad juga merupakan maskapai yang memimpin penghargaan World Travel Awards selama empat tahun belakangan.

Lufthansa.
Lufthansa adalah maskapai penerbangan terbesar di Eropa yang berbasis di Dusseldorf, Frankfurt, dan Munich, Jerman. Dalam persaingannya di industri penerbangan yang kian sulit saat ini, maskapai tersebut terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kelas bisnis, meski kelas ekonomi masih terbilang baik.

Air Astana. Air Astana berada di bawah bendera Republik Kazakhstan dan memulai penerbangan komersial pada tahun 2002. Dalam World Airline Awards tahun 2012, Air Astana terpilih sebagai Maskapai Terbaik di kawasan Asia Tengah dan India.

Oman Air.
Di Bandara Internasional Muskat di Oman terpampang slogan maskapai ini, yakni "Visi Modern. Tradisi yang Abadi". Oman Air mencatatkan nilai 90 untuk kenyamanan tempat duduk dan 80 untuk pelayanan selama penerbangan.

Japan Airlines. Japan Airlines berbasis di empat wilayah di negara asalnya dan melayani 103 rute di seluruh dunia. Maskapai ini adalah salah satu pembeli terbesar pesawat jet berpenumpang Boeing Dreamliner yang sempat mengalami kerusakan. Pihak maskapai kemudian banyak melakukan modifikasi pesawat agar layak terbang kembali.

Finnair.
Finnair adalah maskapai penerbangan terkemuka baik dalam rute domestik maupun rute internasional di negara asalnya, Finlandia. Adapun sebagian besar kepemilikan saham maskapai dimiliki oleh Pemerintah Finlandia. Pihak maskapai melayani penumpang ekonomi dengan memberikan makanan panas dan camilan di sebagian besar rute penerbangan.

Turkish Airlines.
Dengan iklan yang dibintangi oleh Kobe Bryant dan Leo Messi, menghasilkan dampak positif bagi maskapai ini beberapa bulan terakhir. Di sisi lain, beberapa pelanggan penerbangan ada yang mengusulkan pramugari untuk memakai celana panjang. Maskapai ini telah terbang ke 221 bandara di 98 negara.

South African Airways. Operator maskapai di Benua Afrika ini sedikit terbelakang dibanding dengan maskapai yang ada di Eropa, Amerika, dan Asia. Namun, South African Airways memiliki "cara" sendiri untuk bisa menjadi yang terbaik dan masuk dalam daftar ini.

South African Airways telah terbang ke 38 kota. Basis maskapai ini berada di Johannesburg, Afrika Selatan. Dalam pelayanannya, pihak maskapai mampu membuat penumpang ekonomi terkesan dengan makanan, hiburan dalam penerbangan, dan kenyamanan kursi.

Cathay Pacific. Maskapai yang berbasis di Hongkong ini mendapatkan nilai sempurna atau 100 untuk hiburan dalam penerbangan.

Air New Zealand. Air New Zealand mengampanyekan iklan dengan mengandalkan film Hollywood berjudul The Hobbit yang mengambil latar di Selandia Baru. Maskapai ini menawarkan penerbangan Australia, Pasifik Selatan, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Korean Air.
Korean Air memiliki rute penerbangan ke enam benua. Dalam penilaian, maskapai ini memiliki tingkat konsistensi di semua kategori. Ternyata pihak maskapai memiliki peternakan sendiri untuk bahan makanan dalam penerbangan.

Silk Air.
Sebagai anak perusahaan Singapore Airlines yang mengoperasikan penerbangan pendek, penumpang mendapatkan minuman beralkohol gratis yang ditawarkan dalam penerbangan internasional.

Garuda Indonesia. Sebagian besar rute tujuan Garuda Indonesia adalah Asia, Australia, dan Timur Tengah. Meski pernah dianggap tak aman dan sempat mendapat pelarangan terbang ke kawasan Uni Eropa antara tahun 2007 sampai 2009, banyak penumpang mendapatkan kesan baik saat terbang bersama Garuda Indonesia.

ANA (All Nippon Airways).
ANA merupakan maskapai terbesar di Jepang dan merupakan operator dari dua pesawat Boeing Dreamliner yang sempat gagal mendarat pada Januari lalu. Dalam penilaian, meski tak mendapatkan nilai sempurna pada setiap kategori, tetapi maskapai ini masuk nomor empat terbaik dalam daftar.

Qatar Airways. Pemerintah Qatar memiliki saham maskapai ini sebanyak 50 persen. Untuk pelayanan dalam pesawat, Qatar Airways memiliki kenyamanan kursi dan menyediakan minuman gratis pada penerbangan internasional.

Asiana Airlines.
Asiana Airlines sebelumnya dikenal dengan Seoul Airlines. Markas Asiana Airlines berada di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Pada tahun 2012, maskapai ini mendapatkan penghargaan Maskapai Terbaik di seluruh dunia versi Business Traveler.

Virgin America.
Virgin America melayani rute penerbangan jarak jauh dari pantai timur ke pantai barat Amerika Serikat. Maskapai ini memberi nama salah satu armadanya dengan "Stay Hungry, Stay Foolish" untuk menghormati Steve Jobs, pencipta Apple. Hal ini pun sangat mengesankan penumpang yang menggemari produk Apple.

Malaysia Airlines.
Malaysia Airlines berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia, dan terbang ke banyak negara. Maskapai ini memiliki wilayah terlarang untuk anak-anak.

Singapore Airlines. Awak pesawat Singapore Airlines dilatih untuk memperlakukan setiap orang dengan hati-hati dan hormat. Inilah yang membuat Singapore Airlines begitu berbeda dengan maskapai lain. Selain itu, maskapai ini memiliki kenyamanan kursi, kebersihan kabin, dan hiburan dalam perjalanan yang memanjakan penumpang.


Penulis: Fitri Prawitasari
Editor : kadek
Sumber: