Kamis, 2 Oktober 2014

News / Travel

Jelajah Wisata Alam di Jogja Ramah Lingkungan

Sabtu, 4 Mei 2013 | 13:32 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jelajah Wisata Alam 2013 yang digelar Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dikemas sebagai kegiatan wisata ramah lingkungan.

"Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus mengembangkan kegiatan wisata baru yang unik dan diminati wisatawan, salah satunya Jelajah Wisata Alam (JWA), yang tahun ini akan dilaksanakan di kawasan wisata Srigethuk, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Minggu 16 Juni mulai pukul 08.00 WIB," kata ketua panitia kegiatan ini, Mohammad Haliem di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengharapkan JWA 2013 bisa menjadi contoh berwisata yang ramah lingkungan. Sebab, dalam kegiatan tersebut peserta diajak menyusuri beberapa objek wisata alam, termasuk alam perdesaaan.

"Kami menargetkan 3.000 peserta yang diharapkan datang dari beberapa kota di Indonesia. Jelajah wisata alam merupakan upaya Dinas Pariwisata DIY mendekatkan peserta dengan alam perdesaan," kata Haliem yang juga Kepala Seksi Analisis Pasar Dinas Pariwisata DI Yogyakarta itu.

Menurut dia, para peserta wisata murah meriah ini berjalan kaki menyusuri alam perdesaan, dan objek wisata setempat.

Ia menyebutkan jumlah peserta tidak hanya dibatasi orang dewasa, namun juga terbuka bagi peserta anak-anak pelajar SD hingga SMA. "Bahkan pemuda dan anggota Karang Taruna juga terlibat aktif dalam kegiatan yang sudah digelar delapan kali itu," katanya.

Untuk informasi pendaftaran peserta Jelajah Wisata Alam tahun ini, masyarakat bisa menghubungi Kantor Dinas Pariwisata DIY di Jalan Malioboro 56 Yogyakarta, telepon (0274) 586 487.


Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber: