Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Potong Opa-Oma di Sudut Orchard Road

Kompas.com - 08/05/2013, 08:32 WIB
Irfan Maullana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jika Anda sedang berjalan-jalan di Orchard Road, Singapura, jangan lupa untuk mencicipi es potong yang sudah termasyhur di daerah tersebut. Dijajakan di sudut-sudut jalan, es potong menjadi sajian yang sayang untuk dilewatkan pecinta kuliner.

Berwisata mata di antara megahnya bangunan pusat perbelanjaan di kawasan Orchard Road, terkadang membuat dahaga para wisatawan. Di saat seperti ini lah gerobak yang menjajakan es potong paling pas dipilih sebagai jajanan untuk membasahi tenggorokan.

Murah saja, cukup merogoh 1 dollar Singapura dari saku, es potong bisa dipilih dengan aneka rasa, seperti vanila, stroberi, cokelat, durian, sampai lava. Cara menikmatinya pun beraneka ragam, mulai dengan cone, cup, wafer, atau selembar roti.

espotong

Penjual es potong di Singapura. (KOMPAS.COM/IRFAN MAULLANA)

"Cuma 1 dollar, di sini. Jajanan paling murah di Orchad, kita tahu sendiri di sini jualnya Prada, LV," kata salah satu pelancong asal Indonesia, Lina, saat berbincang dengan Kompas.com di Orchard Road, Singapura, Senin (6/5/2013).

Lina yang saban tiga bulan sekali berkunjung ke Negeri Merlion untuk medical check-up itu, tak pernah absen mencicipi es potong lava kesukaannya. Bahkan, Lina sampai tahu persis kekhasan di balik kelezatan es potong ini.

"Jadi ini khasnya kalau di Singapura, es potong yang jualnya opa-oma. Mereka biasa dipanggil uncle atau aunty. Dan uniknya es ini ada yang bilang Orchard Ice Cream, atau ada yang bilang juga es potong," cerita Lina.

Sepintas es potong tak begitu istimewa, sekalipun uncle atau aunty dalam semenit bisa menghabiskan satu kotak es untuk melayani para pembeli. "Es krimnya sih biasa, di Indonesia juga banyak. Malah di Jakarta sudah ada yang jual seperti ini," ungkap Lina.

Namun, entah mengapa gerobak es potong bagaikan oasis di Orchard Road yang selalu diserbu para wisatawan yang ingin sekadar membasahi tenggorokannya sekali pun beberapa mini market di tempat yang sama menawarkan berbagai minuman kemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com