Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Makanan Sehat? Cobalah Salmon Norwegia

Kompas.com - 09/05/2013, 08:57 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com — Ikan salmon dari perairan Norwegia digadang-gadang sebagai salah satu ikan terbaik dengan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Perairan di laut Norwegia yang jernih dan dingin membuat salmon bisa berkembang biak dengan baik.

Maka dari itu, Norwegian Seafood Council (NSC) bermitra dengan salah satu restoran Jepang, Sushi Tei, ingin mengajak masyarakat mengonsumsi makanan sehat dalam "Salmon Matsuri" atau perayaan salmon dengan menggunakan salmon Norwegia sebagai bahan utamanya.

Salmon sangat nikmat disajikan dalam bentuk mentah, sangat sesuai dengan masakan Jepang yang banyak mengonsumsi makanan mentah meski sepuluh tahun lalu, Direktur Sushi Tei Indonesia, Sonny Kurniawan, mengungkapkan, konsumsi makanan mentah masih sangat sedikit. Berbeda dengan saat-saat sekarang yang justru naik drastis.

Sebagai salah satu restoran Jepang, sushi sebagai menu andalan pastilah tak ketinggalan. Berbagai jenis sushi berpadu dengan salmon Norwegia segar ditawarkan selama perayaan salmon Sushi Tei yang berlangsung hingga 20 Juni 2013.

Salah satunya Aburi Salmon Roll. Bentuknya tak berbeda seperti sushi kebanyakan, tetapi dalam hidangan ini daging salmon dibuat menyelimuti sushi. Adapun di dalam sushi ada potongan sayuran, seperti mentimun serta kepiting soka.

Uniknya, dalam pembuatan Aburi Salmon Roll, yaitu sebelum dihidangkan, sushi dibakar terlebih dahulu. Pembakaran langsung dari api yang cukup besar mengenai bagian atas sushi yang merupakan daging salmon. Pembakaran yang dilakukan tak lama, hanya sampai daging salmon berubah warna menjadi sedikit pucat.

Setelah itu, di atasnya, ditaburi abon ikan dan daun alfalfa. Bagaimana dengan rasanya? Rasa sushi salmon sangat nikmat. Sebab, setelah pembakaran, daging salmon menjadi setengah matang. Menyantapnya jangan lupa dicocol dengan wasabi dan kecap asin.

Menurut Marketing Manager Sushi Tei, Vera Kusliawan, ternyata Aburi Salmon Roll tersebut merupakan salah satu menu favorit di Sushi Tei.

Selain Aburi Salmon Roll, ada juga menu sushi lain kreasi dengan salmon, sebut saja Salmon Cheese Gunkan. Pada Salmon Cheese Gunkan, salmon tak membalut sushi, tetapi dipotong kecil-kecil diolah dengan cream cheese.

Selain sushi, ada juga bentuk lain menu olahan salmon, yaitu Salmon Croquette. Hidangan ini mengadopsi salah satu makanan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat, yakni kroket. Salmon Croquette terbuat dari kentang dan olahan salmon menjadi isiannya.

Di atasnya, diberikan mayonaes untuk mempercantik tampilan. Jika Anda ingin merasakan kemurnian daging salmon yang disajikan mentah, cicip saja Salmon Aburi Oba Fumi yang menyajikan potongan salmon yang dicampur dengan berbagai bumbu dan sayuran tanpa dimasak.

Jangan takut, justru menyantap hidangan mentah seperti ini, dalam masyarakat Jepang, merupakan salah satu tradisi makanan sehat. Nah, jika sudah ngiler dan ingin segera mencoba beragam olahan salah satu ikan bergizi salmon Norwegia ini, Anda bisa langsung mendatangi outlet-outlet Sushi Tei selama perayaan salmon berlangsung. Adapun outlet Sushi Tei tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com