Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Indonesia Semakin Suka Berlibur ke UEA

Kompas.com - 10/05/2013, 18:23 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Wego, situs pencari dan pembanding informasi perjalanan berbagi data menarik mengenai pencarian tiket pesawat dan akomodasi di Uni Emirat Arab (UEA). Studi berdasarkan pencarian dari  50 situs Wego di seluruh dunia ini dipublikasikan pada Arabian Travel Market 2013 di Dubai.

Tingginya kebutuhan pencarian tiket pesawat ke UEA terlihat pada negara-negara di Asia, terutama di Asia Tenggara. Volume pencarian oleh pengakses Wego di negara-negara di Asia Tenggara mendominasi 25 persen total pencarian di lebih dari 190 negara di dunia. 

Pengakses tertinggi berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Volume pemesanan secara online mereka serupa banyaknya dibanding pengakses dari Yordania ataupun Mesir.  Begitu juga halnya dengan volume pencarian tiket pesawat dari pengguna Wego di China.

Rata-rata transaksi per pemesanan untuk tiket pesawat ke UEA selama periode Januari sampai April 2013 dari Indonesia sebesar 1.127 dollar AS (setara Rp 10,9 juta). Angka ini jauh lebih besar jika dibanding pengakses dari Malaysia sebesar 897 dolar AS. Sementara itu Singapura sebesar 782 dolar AS.
 
"Supplier tiket pesawat dan akomodasi dari negara-negara di Teluk Arab kini harus membangun merek mereka untuk melayani komunitas online baru di pasar ini (Asia), terutama kelas menengah yang sedang berkembang. Pasar inilah yang menunjukkan minat dan daya beli yang lebih besar," jelas Managing Director Wego di Timur Tengah dan Afrika Utara, Mohammad Ibrahim Masri.

Saat ini upaya kerja sama maskapai seperti Emirates dengan Qantas telah menghubungkan banyak negara di kawasan Pasifik dan Eropa. Begitu juga dengan yang dilakukan maskapai plat merah Abu Dhabi, Etihad Airways, dengan Virgin Australia. Rute ini telah meningkatkan traffic di UEA sebagai penghubung utama. Kerja sama terbaru antara Etihad Airways dengan Air France diprediksi akan menambah traffic tersebut.

Data internal Wego juga menunjukkan bahwa pengguna Wego di Asia tidak lagi menempatkan harga sebagai pertimbangan utama dalam memilih akomodasi di UEA. Mereka lebih mempertimbangkan faktor popularitas hotel di mata pelancong satu negara asal.

Fitur ini memang disediakan Wego dengan menampilkan opsi pilihan akomodasi berdasar preferensi warga lokal. Hasilnya, kata Masri, pengguna Wego lebih percaya diri memesan kamar hotel secara online, termasuk juga memesan pilihan menginap alternatif di sejumlah akomodasi yang ditawarkan pada Holiday Rentals.

Saat ini, pengguna Wego di seluruh dunia bisa membandingkan 800 ribu pilihan akomodasi yang tersedia di situs pencari Wego. Untuk pilihan penerbangan, pengguna bisa membandingkan harga dari 600 maskapai penerbangan full service dan budget.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com