Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jateng Berharap Semarang Jadi Kota Turis

Kompas.com - 11/05/2013, 17:45 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo berharap Kota Semarang bisa menjadi kota turis dengan keberadaan sejumlah obyek wisata di wilayah Jateng. "Kota Semarang memiliki  tujuan wisata seperti Kelenteng Sam Poo Kong, bangunan Lawang Sewu, Gereja Blenduk, dan Waduk Jatibarang," katanya di Semarang, Sabtu (11/5/2013).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jateng usai menyerahkan bantuan berupa 100 becak wisata dan 200 paket perlengkapan untuk sepuluh kelompok usaha bersama di Gedung Olahraga Satria Semarang yang dihadiri sejumlah pihak terkait.

Gubernur menjelaskan, 100 becak wisata yang diberikan kepada para pengayuh becak di wilayah Kecamatan Semarang Utara tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Sosial dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Rencananya, program pemberian bantuan becak wisata ini tiap lima bulan akan terus dilanjutkan secara bertahap sebagai upaya mensukseskan Visit Jateng 2013," ujar mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.

Menurut Gubernur, semua becak yang ada di Kota Semarang akan diganti dengan armada yang baru dan dihias dengan tujuan agar para wisatawan yang berkunjung menjadi senang karena becaknya bersih, kuat, serta nyaman. "Kalau jumlah wisatawan yang berkunjung ke Semarang semakin bertambah maka pendapatan para pengayuh becak wisata juga akan ikut naik sehingga kesejahteraan meningkat," katanya.

Gubernur meminta para penerima becak wisata agar merawat dan tidak mengotori becak dengan tulisan-tulisan atau atribut yang tidak berguna.

Selain menerima becak wisata seharga Rp 5 juta yang dilengkapi lampu sorot dan lampu hias, sejumlah pengayuh becak juga mendapat perlengkapan seperti jas hujan, sepatu, caping, dan kaos bertuliskan "Semarang Setara".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com