Kamis, 24 Juli 2014

News / Travel

Tour de Singkarak 2013 Siap Digelar

Minggu, 12 Mei 2013 | 15:46 WIB

Berita Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemukulan Gendang Tasa di pelataran Monumen Nasional, Minggu (12/5/2013) pagi, secara simbolis menandai diluncurkannya secara resmi acara akbar yang menggabungkan olah raga dan pariwisata, Tour de Singkarak.

"Tour de Singkarak tahun ini merupakan yang kelima yang akan melalui 17 kabupaten/kota di Sumatera Barat," ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, dalam sambutan peluncuran Tour de Singkarak 2013.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menambahkan bahwa Tour de Singkarak 2013 akan memulai etape dari Bukittinggi. Adapun, etape yan dilombakan yakni 7 etape berjarak total 1.173 km melintasi keindahan alam dan budaya di kabupaten/kota yang dilewati. "Lomba ini juga melibatkan 25 tim dari 18 negara," kata Sapta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, mengungkapkan bahwa dengan penyelenggaraan Tour de Singkarak, menggambarkan bagaimana berwisata sembari berolah raga.

"Ada dua hal yang kita dorong yaitu olah raga dan pariwisata. Selama penyelenggaraan 4 kali Tour de Singkarak, peningkatan wisatawan yang datang ke Sumatera Barat, baik dari dalam dan luar negeri naik sekitar 10 persen," sambung Mari.

Ketujuh etape yang dilombakan dalam Tour de Singkarak yang diselenggarakan 2-9 Juni 2013 tersebut, yaitu etape 1 Bukittinggi - Bonjol, etape 2 Padang Panjang - Istano Basa dan Tanah Datar, etape 3 Payakumbuh - Danau Singkarak, etape 4 Sijunjung - Pulau Punjung dan Dharmasraya, etape 5 Sawahlunto - Muara Labuh dan Solok Selatan, etape 6 Pariaman - Painan, etape 7 Padang Pariaman - Padang Circuit.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Fitri Prawitasari
Editor : I Made Asdhiana