Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Akan Gelar Festival Budaya Tangkuban Parahu 2013

Kompas.com - 14/05/2013, 13:09 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Panitia Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu III, Jawa Barat, siap menggelar kegiatan budaya selama dua hari di Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada 15-16 Mei.

"Adapun tujuan diadakan festival tersebut adalah untuk mempromosikan pariwisata seni budaya dan potensi ekonomi kreatif di daerah, khususnya di kawasan Gunung Tangkuban Parahu," kata Ketua Panitia Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu, Martika Edison dalam siaran persnya, Selasa (14/5/2013).

Ia mengatakan untuk kali ini tema yang diusung dalam festival ini adalah "Bhinneka Tunggal Ika Menghasilkan Spirit Pluralisme dan Optimisme untuk Membangkitkan Kearifan Budaya Lokal juga Kemajuan Pariwisata Indonesia".

"Selain itu, festival ini merupakan salah satu wujud rasa syukur kami terhadap Tuhan Yang Maha Esa," kata Martika.

Pelaksanaan festival didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ketua DPR Marzuki Alie, Pemprov Jabar, Polda Jabar, Kodam III Siliwangi, DPRD Jabar, DPRD dan Pemkab Bandung Barat serta Paguyuban Pasundan.

"Rencanananya Pak Marzuki Alie secara resmi akan membuka festival ini bersama dengan Wamenparekraf Sapta Nirwandar, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar, Bapak Pangdam III Siliwangi, dan lain-lain," katanya.

Menurut Martika, berbagai pergelaran seni promosi pariwisata dan karnaval seperti Drum Band Canka Panorama Secapa AD, Bharaya Band, Cepot Nge-Band, Komunitas Sisingaan, Gesit dan pergelaran seni tradisional lainnya akan ditampilkan pada festival ini.

Panitia berharap festival tersebut ke depan bisa menjadi agenda tetap setiap tahun dan bisa menjadi kebanggaan bagi warga Jawa Barat. "Kami juga berharap festival ini bisa menjadi media antara terciptanya bangsa yang cinta budaya dan pariwisata," kata Martika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com