Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menyantap Kare Torpedo? Ini Tempatnya...

Kompas.com - 15/05/2013, 08:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Surabaya memang gudangnya menu makanan dengan nama unik. Selain terkenal dengan beragam nama nasi bebek, di Kota Pahlawan ini juga menu makanan Kare Torpedo. Menu makanan berkuah dengan lauk bagian tubuh tertentu dari sapi atau kambing khas Kecamatan Kedamaian, Gresik.

Torpedo yang dimaksud bukanlah salah satu jenis senjata kapal selam untuk perang, melainkan istilah paling mudah dan dianggap paling sopan untuk menyebut testis sapi atau kambing. "Karena bentuknya menyerupai torpedo, ya kita sebut torpedo, ternyata istilah itu terkenal," kata Sumari, penjual Kare Torpedo, Rabu (17/4/2013).

Sebenarnya, menurut Sumari, menu kare itu tidak hanya menyediakan torpedo sebagai salah satu lauk kuah karenya. Dia juga menyediakan berbagai macam jenis bagian tubuh sapi atau kambing lainnya seperti daging, otak, usus, limpa, babat, hati, mata, hingga kleponan atau tempat kandungan. "Tapi yang paling laris dan terkenal ya torpedo," jelasnya.

Meski namanya tidak asing di kalangan pecinta kuliner, warung penjual kare torpedo lumayan sulit ditemukan, karena tempatnya berada di gang sempit bernama "Rizki" sentra PKL di antara Jalan Embong Wungu dan Jalan Embong Sawo, Surabaya.

Untuk satu porsi kare torpedo dihargai Rp 12.000 dengan satu item lauk sepotong bagian tubuh sapi atau kambing. Jika ingin tambah satu potong bagian lain, pembeli cukup menambah Rp 7.000 per potongnya. Namun hati-hati bagi yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau kencing manis, karena menu makanan ini baik kuah maupun lauknya banyak mengandung kolesterol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com