Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Santika Rawamangun Mulai Dibangun

Kompas.com - 16/05/2013, 17:13 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Hotel Santika Rawamangun dilakukan hari ini secara simbolis dengan peletakan pasir pertama. Hotel yang berada di Jalan Ahmad Yani nomor 11, Rawamangun itu dibangun di atas tanah seluas 1.865 meter persegi.

"Lokasi ini kan strategis sekali, di pinggir jalan utama. Kalau orang meeting pasti nyarinya di sini. Dari Bogor juga bisa," ujar Handoko Anggraito, selaku perwakilan dari PT Djaya Setia Mandiri, saat ground breaking Ceremony di Jakarta, Kamis (16/5/2013). Selain Handoko, ground breaking juga dihadiri Sonny Sutanto selaku Principal Architecture Hotel Santika Rawamangun dan Hardian Kardjono selaku Pimpinan Project Hotel Santika Rawamangun.

Menurut Handoko, hotel ini menyasar para pebisnis, dengan fasilitas memiliki 13 ruang pertemuan, 140 kamar, kolam renang berada di bagian atap hotel. "Bagunannya dari 1.800 meter, bangunannya yang dipakai 800 meter dan 1.000 meter dibuat parkiran. Rencananya ditanamkan pohon-pohon untuk penghijauan di lahan parkir," paparnya.

"Perusahaan-perusahaan sekarang kalau meeting mereka tidak selalu di kantornya. Kalau kita ke sini, ke belakang itu ada berbagai industri dan perusahaan," sambungnya.

Hotel Santika Rawamangun merupakan hotel pelopor yang ada di kawasan tersebut. Belum ada hotel di sekitar daerah tersebut yang menyediakan fasilitas inap bagi para pebisnis di kawasan Rawamangun, Pulogadung, dan sekitarnya.

Dalam pembangunan hotel pun, lanjut Handoko, mendapat dukungan dari pemuka agama dan masyarakat setempat. "Pemangku pura dan masyarakat mendukung pembangunan hotel. Tadi pemangku puranya juga datang, masyarakat sekitar sini juga tadi ada beberapa yang datang," katanya.

Menanggapi kemacetan yang menjangkiti Jakarta, menurut Handoko, bukan suatu hambatan industri hotel untuk terus berkembang. "Soal macet kita nggak bisa ngapa-ngapain tapi kita akali macetnya. Kita cari lokasi yang bisa dicapai dengan cara yang benar dan cepat," ujarnya.

"Setiap daerah punya karakter masing-masing. Kalau Jakarta untuk bisnis. Jakarta itu Sabtu-Minggu kita sepi, kecuali Lebaran, Lebaran lumayan. Karakteristiknya begitu di Jakarta, Sabtu - Minggu itu hotel sepi. Bisnis itu lebih ke weekdays," katanya.

Pembangunan Hotel Santika Rawamangun memakan waktu 16 bulan dan diperkirakan selesai pada September 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com