Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Indonesia Terbang Perdana Jakarta-Johor Bahru

Kompas.com - 16/05/2013, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Indonesia, Kamis (16/5/2013) merayakan penerbangan perdana rute Jakarta–Johor Bahru setelah penjualan kursi rute tersebut dibuka pada 15 April 2013. Pesawat Airbus A320 dengan nomor penerbangan QZ 8170 lepas landas pukul 13.15 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, dan tiba pukul 16.10 di Bandara Internasional Senai, Johor Bahru, Malaysia.

Siaran pers AirAsia Indonesia menyebutkan, dalam merayakan penerbangan perdana ini, AirAsia Indonesia dan Malaysia Tourism Board memberikan merchandise sebagai tanda terima kasih kepada para penumpang pertama. Setibanya di Bandara Internasional Senai, Johor Bahru, mereka disambut oleh maskot Legoland bernama Ollie, yang dengan ceria memberikan bingkisan khas taman hiburan tersebut.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi, mengaku senang karena penerbangan perdana dari Jakarta menuju Johor Bahru dapat berjalan dengan lancar. "Salah satu alasan kami membuka penerbangan menuju Johor Bahru karena kota tersebut merupakan salah satu wilayah industri terbesar, pusat perdagangan serta pariwisata di Malaysia. Oleh karena itu, kami yakin Johor Bahru dapat menjadi salah satu destinasi favorit pelanggan kami," katanya.

Johor Bahru, kota terbesar kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur, menawarkan cukup banyak peluang investasi, beragam wisata alam menarik, serta atraksi wisata utama untuk keluarga seperti Legoland dan Sanrio Hello Kitty Town.

Menurut Dharmadi, para penumpang dari Jakarta dapat melanjutkan perjalanan wisata dari Johor Bahru menuju berbagai kota menarik di Malaysia lainnya seperti Kuala Lumpur, Kuching, Kota Kinabalu, Miri, Penang, dan Sibu. Melalui Johor Bahru mereka juga dapat berkunjung ke Singapura melalui jalur darat dengan waktu tempuh sekitar dua jam saja.

Sementara bagi penduduk Johor Bahru, lanjut Dharmadi, dengan adanya penerbangan langsung ke Jakarta akan semakin mempermudah mereka untuk mengeksplor Indonesia. "Dari Jakarta tersedia penerbangan langsung ke sejumlah kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Medan, dan Makassar," katanya.

Dari Johor Bahru, penerbangan QZ 8171 berangkat pukul 16.50 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 17.45 WIB.

Penerbangan Jakarta–Johor Bahru dilayani AirAsia empat kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Selain dari Jakarta, AirAsia Indonesia juga melayani penerbangan menuju Johor Bahru dari Surabaya sejak 19 Oktober 2012. Kemudian pada 7 Juni 2013, AirAsia Indonesia akan mulai mengoperasikan penerbangan menuju Johor Bahru dari Medan. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com