Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Festival Kuliner Kampoeng Tempo Doeloe

Kompas.com - 17/05/2013, 07:48 WIB

KOMPAS.com - Bagi pecinta kuliner di Jakarta, mungkin sudah tahu ada festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Acara ini adalah acara tahunan yang dikemas berbarengan dengan acara fashion. Dan tahun 2013 merupakan festival kuliner ke-10.

Saya datang sabtu sekitar jam 15.00. Hal pertama yang saya lakukan adalah keliling ke semua stand terlebih dahulu, lalu mulai menentukan stand mana yang akan dicoba. Setelah itu saya menukarkan terlebih dahulu kupon yang berupa uang zaman dulu dengan pecahan lama, yaitu Rp 20 (Rp 20.000), Rp 10 (Rp 10.000), Rp 5 (Rp 5.000), dan Rp 1 (Rp 1.000).

Bakso Sarkid Tanah Tinggi
Stand pilihan pertama saya adalah pedagang bakso dengan gerobak, bakso ini aslinya berjualan di dekat rumah susun Tanah Tinggi di daerah Senen. Saya pesan satu porsi yang berisi tahu bakso, satu bakso urat, dan dua bakso gepeng. Dan saya minta tambahan dengan bihun saja. Harganya Rp 18 atau Rp 18.000.

Hmm..baksonya enak nih, daging sapinya terasa, kekenyalannya pas kuahnya juga tidak berlemak. Tahunya juga enak, dilapisi daging sapi tipis pada sebagian luar tahunya. Sambelnya juga mantab, cocok banget makan bakso sore-sore begini.

Siomay Dago Bandung
Hampir semua stand saat saya datang ramai, dan sebagian harus rela antri. Lumayan agak binggung untuk menentukan mana yang akan di makan selanjutnya. Pilihan tempat kedua adalah siomay dago bandung, ini lokasinya di area baru dekat jalan raya. Saya cuma pesan dua siomay dan satu tahu rebus, harganya Rp 6 atau Rp 6.000. Rasa ikannya cukup terasa, bumbu kacangnya juga lumayan legit, tapi sayang tidak disediakan sambel pedas, cuma ada saus pedas biasa.

Es Podeng “Gareng” Blok S
Saya termasuk yang hobi sekali nyobain es podeng. Di sini ada penjual es podeng Pak Gareng yang biasa berjualan di Blok S. Pada festival kuliner ini dijual dengan menggunakan gelas plastik yang tidak terlalu besar. Isi es podeng alpukat, kacang, agar-agar serut, roti tawar. Es nya lembut dan enak, pada toppingnya diberi taburan meses. Harganya Rp 11 atau Rp 11.000. Saya suka nih sama Es Podeng Blok S ini.

es-podeng-blok-s

Es Podeng “Gareng” Blok S. (WWW.REKOMENDASI.ME)

Hari ini sudah cukup kenyang, tetapi besok mau lanjutin hunting makanan enak di Kampoeng Tempo Doeloe lagi. Ditunggu ya. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com