Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagea, Oleh-oleh Khas Maluku Utara

Kompas.com - 18/05/2013, 07:38 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

HALMAHERA, KOMPAS.com — Sagu merupakan tepung hasil olahan dari teras batang rumbia atau pohon sagu. Tepung yang memiliki karakteristik fisik mirip tapioka ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur.

Berbagai olahan sagu biasa dibuat oleh masyarakat setempat, sebut saja yang terkenal yaitu papeda. Namun, ada juga hasil olahan lainnya yang juga memiliki rasa yang tak kalah nikmat.

Makanan itu adalah bagea, kue yang kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Provinsi Maluku Utara. Bagea yang berbahan dasar tepung sagu ini memiliki berbagai rasa, seperti kenari dan juga kacang.

"Kalau yang kenari harganya lebih mahal, sekitar Rp 25.000 per bungkus, sementara kacang Rp 20.000," ujar Ansye, seorang pedagang bagea di Desa Gamtala, Halmahera Barat, Maluku Utara, Jumat (17/5/2013).

Masyarakat setempat umumnya menikmati bagea sebagai teman untuk menikmati secangkir kopi ataupun teh. Rasanya yang gurih serta tidak terlalu manis membuatnya terasa renyah di mulut.

Untuk mendapatkan bagea tidaklah sulit. Banyak warga yang menjualnya, mulai dari Ternate ataupun daerah seperti Jailolo. Rasanya yang khas membuat kue ini menjadi salah satu favorit bagi wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com