Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Halmahera Barat Bangun Pasar Kuliner

Kompas.com - 23/05/2013, 08:52 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara (Malut) membangun pasar kuliner khas daerah setempat untuk meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

"Pasar yang menjadi pusat kuliner akan menyajikan berbagai makanan khas daerah Halbar seperti makanan popeda, gohu hingga kerajinan tangan masyarakat setempat," kata Bupati Halbar, Namto Hui Roba di Ternate, Rabu (22/5/2013).

Ia mengatakan, pasar kuliner yang merupakan progam pembangunan industri dan perdagangan sebagai langkah strategis mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan perekonomian, terutama meningkatkan taraf hidup para pelaku usaha di daerah ini.

Selain itu, lanjut Namto, progam ini sebagai realisasi Peraturan Presiden Nomor 28 tahun 2008 tentang kebijakan nasional sektor industri dan perdagangan yang mengamanatkan pada pemda kabupaten/kota untuk meningkatkan kemandirian lokal melalui pemanfaatan SDA yang dimiliki secara efesien dan optimal.

"Memang program tersebut merupakan upaya pemda dalam mewujudkan Halbar melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis perdesaan guna percepatan pembangunan," katanya.

Oleh karena itu, dengan adanya pasar kuliner yang menyajikan makanan khas daerah ini, akan mempermudah para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Jailolo dapat menikmati makanan khas di pusat kuliner.

Bupati mengatakan, Kabupaten Halbar sebelumnya belum memiliki pasar yang terorganisir, olehnya itu, kehadiran program tersebut sebagai langkah maju.

Menurut Namto, ada beberapa poin penting tentang program itu diantaranya menjadikan tempat bagi pelaku usaha kecil, karena sebagian besar pedagang golongan pengusaha kecil, menjadikan media promosi produk dalam negeri dan jaringan distribusi bahan pokok, sehingga membawa perubahan percepatan pembangunan daerah.

Bupati Halbar juga menginstruksikan kepada para PNS untuk menghidupkan pasar tersebut dengan setiap jam istrahat harus makan siang di seputaran warung makan kuliner.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com