Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesenian Betawi dan Jepang Hadir di Blok M

Kompas.com - 24/05/2013, 19:06 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan ini, pusat perbelanjaan Blok M direncanakan akan diadakan festival tradisional Little Tokyo. Dalam penyelenggaraan yang ketiga kalinya ini, selain kesenian dan budaya Jepang, dalam pembukaan acara turut dimeriahkan pula berbagai kesenian dan budaya Betawi seperti ondel-ondel yang diiringi gambang kromong dipadukan dengan beduk Jepang.

Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor membenarkan hal tersebut. Acara akan dibuka pada Sabtu (25/5/2013) dan berakhir pada Minggu (26/5/2013). "Besok (Sabtu) siang jam 12.00 saya akan hadir untuk membuka acara. Acara berlangsung 2 hari. Akan ada kombinasi antara budaya Betawi dan Jepang," kata Syamsuddin saat dihubungi Jumat (24/5/2013).

Sementara data dari Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan, acara selama dua hari itu akan diisi berbagai kontes budaya, fashion dan kuliner, terutama khas negeri Sakura seperti pertunjukan tradisional Omikoshi, Taiko dan pertunjukan tradisional Jepang lainnya yang akan menambah hidup festival ini.

Area festival akan diselimuti oleh lampion khas Jepang (chochin) dan akan tersedia berbagai macam booth yang menyediakan makanan dan barang-barang khas Jepang.

Konsep Festival Little Tokyo merupakan ide dari para pengusaha di kawasan Blok M. Setiap tahunnya Festival Little Tokyo dikunjungi lebih dari 200 ribu pengunjung dan telah menjadi agenda pariwisata tahunan Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com